Hari ini Distribusi, Lusa Nakes di Probolinggo Akan Divaksin Sinovac

  • Whatsapp
Proses distribusi Vaksin Sinovac di Kabupaten Probolinggo yang hari ini disalurkan ke 33 fasilitas pelayanan kesehatan (NusaDaily.com/Rahmad Soleh)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PROBOLINGGO – 3000 Vaksin Sinovac di Kabupaten Probolinggo hari ini Rabu, 27 Januari 2031 mulai didistribusikan di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes). Dipercepat, vaksinasi akan dimulai pada Jumat mendatang.

Distribusi , dikawal secara ketat oleh gabungan petugas baik TNI/Polri dan jajaran Dinas Kesehatan. Dimana 33 fasyankes itu diantaranya 24 puskesmas, RS Waluyo Jati, Kraksaan, dan 8 apotek.

Pendistribusian Vaksin Covid-19 Sinovac ke 33 Lokasi Fasyankes dilaksanakan oleh Petugas Puskesmas dengan menggunakan ambulance dan menggunakan pengawalan langsung dari Polsek Jajaran Polres Probolinggo.

“Hari ini vaksin Sinovac didistribusikan ke 33 fasilitas pelayanan kesehatan baik RSUD Waluyo Jati Kraksaan, Puskesmas maupun apotek. Namun ada yang belum termasuk rumah sakit swasta karena ada petugas yang belum dilatih,”ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono melalui sambungan seluler.

Adapun kelima RS itu, di antaranya RSUD Tongas, RS Wonolangan Dringu, RS Graha Sehat Kraksaan, RS Rizani Paiton, dan RSIA Siti Fatimah Kraksaan. Sehingga, para nakes di RS tersebut mengikuti vaksinasi di RSUD Waluyo Jati Kraksaan.

Ia menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi pada Jumat, 29 Januari 2021 mendatang. Dilaksanakan serentak, diprediksi berlangsung satu sampai dua hari.

“Sesuai anjuran, vaksinasi diprioritaskan pada tenaga kesehatan. Dengan catatan tenaga kesehatan yang belum pernah terpapar COVID-19,”tambah Shodiq.

Lanjutnya, bukan berarti tidak divaksin, sebab nakes yang sudah pernah terpapar COVID-19 punya kekebalan tersendiri. Pihaknya pun berharap, agar proses vaksinasi nantinya bisa berjalan sesuai jadwal. (ras/kal)