Halal Bihalal Daring Alumni PMII, Wakil Ketua KPK: Jabatan Hanya Aksesoris

  • Whatsapp
Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron turut dalam halal bihalal virtual alumni PMII Jember. (nusadaily.com/Sutrisno)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron berpesan agar siapapun tidak silau dengan posisi sementereng apapun.

Hal itu disampaikan saat pertemuan virtual bertajuk halal bihalal Ikatan Keluarga dan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKAPMII) Jember.

Baca Juga

“Jabatan-jabatan strategis dan apapun yang melekat pada diri kader maupun alumni, hanyalah aksesoris belaka. Sama sekali tidak bersifat esensial,” tutur Ghufron.

Komunikasi secara daring itu diikuti ratusan alumni organisasi ekstra kampus dan berlangsung hingga pukul 23.00 WIB pada Jumat, 29 Mei 2020.

Selain saling bermaafan sebagai tradisi Idul Fitri, mereka memanfaatkannya untuk ajang berdiskusi tentang pembangunan karakter.

Ali Masykur Musa, Komisaris Utama PT Pelni mengingatkan bahwa karakter ideal mengintegrasikan tiga hal: dzikir, pikir, dan amal sholeh.

“Ketiganya merupakan karakter yang utuh dan integratif, serta idealnya terinternalisasi dalam diri,” ujar mantan anggota Badan Pemeriksa Keuangan ini.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jember Prof. Abdul Halim Subahar mengatakan, banyak opsi aktualisasi. Mengejar jabatan bukan satu-satunya pilihan.

Alumni PMII semestinya tidak hanya berburu peran strategis di perkotaan. Tapi, harus ada yang berani memilih peran lain hidup bersama masyarakat di perdesaan.

“Bersama masyarakat desa mentransformasikan nilai-nilai ke-PMII-an, yang itu sangat dibutuhkan,” tegas guru besar Institut Agama Islam Negeri Jember tersebut.

Ketua IKAPMII Jember Akhmad Taufiq menilai, pencapaian yang direngkuh sejumlah alumni bukanlah hal yang tiba-tiba. Melainkan, melalui proses panjang.

“Kemampuan bagaimanapun perlu dilihat kembali. Apakah peran sudah ideal dan optimal? Dalam konteks inilah perlu evaluasi dan cara pandang baru, mengoptimalkan sumber daya,” jelasnya.

Di akhir diskusi, forum Halal Bihalal secara nasional menyepakati komitmen bersama bahwa apapun perannya perlu diniati untuk kemashlahatan kemanusiaan.(sut)

Post Terkait

banner 468x60