Faida Lengser dari Bupati Jember, Tiada Lagi Akses Mudah Simpang Tiga Menuju Rumah Sakitnya

  • Whatsapp
bupati jember
Dishub Jember menutup akses simpang tiga jalan Gajah Mada menuju jalan Sentot Prawirodirdjo. (nusadaily.com/Sutrisno)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Dinas Perhubungan Jember tiba-tiba menutup simpang tiga antara jalan Gajah Mada dengan jalan Sentot Prawirodirdjo pada Jumat, 26 Februari 2021.

Tindakan tersebut sedang ramai diperbincangkan dan disebut-sebut sebagai bentuk simbol politisasi untuk menunjukkan tanda berakhirnya masa kekuasaan mantan Bupati Jember, Faida yang baru saja lengser.

Baca Juga

BACA JUGA: Pemkab Jember Stop Aliran Dana APBD ke Rumah Sakit Milik Keluarga Bekas Bupati

Mengapa demikian? Karena simpang tiga itu sebelumnya merupakan buah kebijakan Faida saat masih menjabat. Kala itu Faida dituding sengaja membongkar taman double way untuk mempermudah akses jalan menuju rumah sakit Bina Sehat, milik keluarganya.

Pergunjingan publik di berbagai media sosial menduga pengembalian double way dengan menutup simpang tiga tidak lain lantaran Faida sudah jatuh dari tampuk kekuasaan. Seiring bertepatan dengan prosesi pelantikan Bupati-Wakil Bupati Jember baru, Hendy Siswanto – KH Muhamad Balya Firjaun Barlaman hari ini.

Kepala Dishub Jember, Hadi Mulyono membenarkan tentang penutupan simpang tiga tersebut. Namun, ia membantah keputusannya bernuansa politis, meski dilakukan pada saat yang bersamaan dengan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati.

Menurutnya, simpang tiga ditutup berdasarkan hasil kajian bersama pihak kepolisian yang bertujuan agar arus lalu lintas menjadi lebih lancar. Hadi beralasan, selama ini simpang tiga justru membuat volume kendaraan lebih padat, sehingga cenderung menimbulkan kemacetan.

“Kami melaksanakan manajemen rekayasa lalu-lintas bersama Satlantas dengan dengan beberapa pertimbangan untuk mengurangi simpul atau hambatan di jalan Gajahmada yang merupakan jalan nasional,” jelasnya.

Hadi mengklaim hasil evaluasi dan pantuan terhadap pengendara, ternyata jumlah kendaraan yang tujuan ke jalan Sentot Prawirodirdjo sangat sedikit. Sangat jomplang jumlahnya jika dibandingkan kendaraan dengan tujuan kearah Banyuwangi – Bali maupun Lumajang – Surabaya.

Sehingga, penutupan simpang tiga harapannya supaya mayoritas kendaraan di jalan Gajah Mada lebih leluasa melaju. Sedangkan, solusi bagi pengendara yang ingin mengubah tujuan, kata Hadi, dapat menggunakan akses putar balik di dekat area makam KH Shiddiq untuk sebelah timur atau perempatan Argopuro yang berada di sebelah barat.

“Kondisi jalan Gajah Mada jarak u-turn yang bisa dimanfaatkan untuk putar balik ada beberapa dan jaraknya relatif dekat. Hitungan lebih efektif waktu bagi kendaraan karena yang tertunda hanya berputar balik, sementara kendaraan arah lurus tidak perlu berhenti dan antri di jalan,” papar Hadi.

Bukankah Dishub yang sebelumnya membuka simpang tiga, dan sekarang menutupnya? Kajian patennya seperti apa? “Tetap kedepan kita monitor dan evaluasi lagi setelah pelaksanaan. Situasi lalu lintas kan terus berkembang dan berubah,” jawab Hadi diplomatis.

BACA JUGA: Iuran Rp500 Ribu untuk Ucapan Tali Asih ke Mantan Bupati Jember Beredar, Camat Ini Klarifikasi

Kepolisian mengakui dilibatkan Dishub mengkaji lalu lintas sehingga diputuskan menutup simpang tiga tersebut. “Ya, kami melakukan analisa bersama, lengkap datanya bisa dilihat ke kantor. Pada intinya, karena pertimbangan volume kendaraan. Sementara itu dulu, saya mau rapat,” beber Kanit Dikyasa Satlantas Polres Jember, IPDA Heru Siswanto.

Akibat perubahan jalan, kondisi akses ke RS Bina Sehat yang berada di jalan Kertanegara itu kembali seperti sedia kala puluhan tahun silam. Kesulitan akses semakin menambah deretan nestapa bagi Faida. Sebab, semenjak kalah Pilkada, ada saja yang menyulitkannya.

Mulai dari keputusan Pemkab Jember memutus kerjasama dengan RS Bina Sehat dalam penanganan pasien miskin yang biayanya ditanggung APBD, bahkan diselingi munculnya gerakan warga sekitar lingkungan rumah sakit yang menolak rencana pembangunan gedung 7 lantai. (sut)