DPKH Kabupaten Malang Bakal Periksa Hewan Kurban Secara Mobile

  • Whatsapp
hewan kurban
Ilustrasi hewan kurban (KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA)

NUSADAILY.COM – MALANG – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Malang akan melakukan pemeriksaan hewan kurban jelang hari raya Idul Adha 1442 H bulan depan.

“Tim ini akan bergerak dua Minggu sebelum Idul Adha, mereka akan melakukan pantauan hewan kurban itu,” ucap Kepala DPKH Pemkab Malang, Nurcahyo, Sabtu (19/6/2021).

Bacaan Lainnya

BACA JUGA: Transaksi Jual Beli Sapi Kurban di Agam Meningkat Mendekati Idul Adha

Menurut Nurcahyo, tim tersebut akan bekerja secara mobile (keliling) untuk memantau. Jika diketahui ada hewan kurban yang kurang sehat, maka akan dilakukan tindakan.

“Jika ada hewan yang sakit, tim langsung melakukan perawatan, dan diberi obat, kalau flu itu penyakit biasa, tinggal dikasih vitamin sudah sehat kembali,” jelasnya.

Akan tetapi, lanjut Nurcahyo, berdasarkan laporan di DPKH Pemkab Malang, sejauh ini di Kabupaten Malang belum ditemukan penyakit hewan ternak yang dinilai berbahaya.

“Sampai saat ini belum ada penyakit yang berbahaya bagi hewan,” tegasnya.

BACA JUGA: Ada Temuan Antraks di Jatim, Disnakan Magetan Tingkatakan Kewaspadaan

Bahkan, Nurcahyo menjelaskan, jika di hari raya Idul Adha ini banyak hewan ternak dari Kabupaten Malang yang mensuplai ketersediaan hewan kurban di luar daerah.

“Sejauh ini belum ada hewan ternak yang masuk Kabupaten Malang. Malah hewan ternak di sini yang keluar daerah untuk mensuplai ketersediaan daging,” tutupnya. (aje/lna)

Pos terkait