Di Tengah Pandemi Layanan Adminduk Magetan Kian Dekat Masyarakat dan Mudah Diakses

  • Whatsapp
Bupati Magetan Drs. Suprawoto M. Si memotong pita sebagai simbolis launching ADM di Kecamatan Barat. (Riyanto/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Tekad Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Magetan dalam memudahkan masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan (adminduk), patut diapresiasi di tengah pandemi seakarang ini.

Hari ini mesin Ajungan Dukcapil Mandiri (ADM) dipasang dan diresmikan oleh Bupati Magetan Suprawoto di Kecamatan Barat, Jumat, 18 Desember 2020.

Baca Juga

Hadir langsung dalam launching dan peresmian ADM di Kantor Kecamatan Barat, Bupati Magetan Drs. H Suprawoto M. Si, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Drs. Hermawan M. Si, Camat Barat Yok Sudaryanto S. STP serta Forkopimca setempat.

Dalam sambutanya, Bupati mengatakan, layanan publik Dispendukcapil Magetan selama dua tahun ini banyak mengalami pekembangan luar biasa.

“Jika dulu untuk mengurus dan mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saja harus antri panjang dan lama. Saat ini dalam hitungan menit selesai. Dispenduk benar-benar bisa memanfaatkan era digital dengan baik,” terang Bupati Suprawoto kepada nusadaily.com.

Kalau dulu manual, saat ini dapat diurus dari manapun, dari handphone masing-masing. Ditambah lagi adanya mesin ADM yang dipasang di tiga Kecamatan.

“Semakin dekat dan mudah diakses oleh pemohon, tidak perlu lagi jauh jauh ke kantor pusat. Cukup datang di kacamatan masing-masing, dan cetak kapan pun, 24 jam,” lanjutnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, mesin ADM ini dapat melayani seluruh distrik Maospati, Kecamatan Karangrejo, Kartoharjo, Barat dan Maospati.

SedangkanKecamtan Kawedanan meliputi distrik Gorang Gareng, yaitu Kecamatan Bendo, Takeran, Nguntoronadi, Lembeyan dan Kawedanan.

“Sedang di Mal Layanan Publik dapat dijangkau oleh Kecamatan Parang, Poncol, Plaosan, Panekan, Karas dan Kecamatan Kota sendiri. Total ADM yang dimiliki sebanyak tiga unit,” imbuhnya.

Kedepan, jika animo masyarakat terhadap ADM tinggi, Bupati berjanji akan menambah unitnya, agar masyarakat dalam memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan (adminduk) lebih dekat dan mudah.

Masyarakat bisa cetak indentitas kependudukanya sendiri kapanpun dengan mudah, setelah melakukan registrasi dan pemenuhan syarat syaratnya.

“Semoga ADM ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat Magetan,” pungkas Bupati Suprawoto. (dispendukcapilmagetan/nto)