Selasa, Januari 25, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaRegionalBerdasarkan Putusan PTUN, Pilkades Susulan di Sumenep Digelar Hari Ini

Berdasarkan Putusan PTUN, Pilkades Susulan di Sumenep Digelar Hari Ini

NUSADAILY.COM – SUMENEPDesa Batu Ampar, Kecamatan Guluk – Guluk Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur akan menggelar pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) susulan Pilkades serentak 2021.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Ditundanya Pilkades di desa setempat lantaran dinilai tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang ada. “Berdasarkan proses hukum, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya memerintahkan untuk mencabut surat keputusan (SK) bupati Sumenep tentang penundaan Pilkades Desa Batu Ampar, Guluk-Guluk,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Moh. Ramli, Rabu 8 Desember 2021.

Menurut mantan Kepala Dinas Sosial Sumenep tersebut, setelah SK Bupati Sumenep tentang penundaan pelaksanaan pemungutan suara desa setempat dicabut, makan bisa digelar dan dilaksanakan kembali. “Setelah SK bupati itu dicabut, Pilkades Batu Ampar untuk digelar dan dilaksanakan kembali,”imbuhnya.

Bupati Sumenep, kata Ramli, menghormati proses hukum yang ada yakni dengan membuat suatu keputusan atas pencabutan SK penundaan. Hal itu menunjukkan kepatuhan terhadap keputusan hukum. “Maka tentu panitia pelaksana dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Batu Ampar untuk segera melaksanakan tahapan pilkades,”tegasnya.

Poin Penting Amanat Bupati

Adapun poin penting dalam amanat bupati Sumenep tersebut adalah pemungutan suara Pilkades Batu Ampar ditetapkan pada Kamis 09 Desember 2021.

Meski terlambat, namun kata Ramli, Pilkades Desa Batu Ampar tetap masuk dalam rangkaian pilkades serentak Sumenep 2021. “Tapi pada gilirannya akan bersamaan, terutama pada tahapan pelantikan kades terpilih,”terangnya.

Secara teknis, lebih lanjut menjelaskan jika tahapan Pilkades Batu Ampar akan sama persis dengan pilkades serentak yang telah dilaksanakan pada 25/11/2021 lalu. “Perubahan tidak ada. Tinggal menunggu hasil pemungutan suara saja,”tambahnya.

Sementara, untuk pengamanan pada pemungutan suara pilkades susualan ini, Pemkab setempat akan melibatkan unsur gabungan dari TNI/Polri, Satpol PP, tim penunjang dari kecamatan serta linmas di tingkat desa.

Selain itu, pihaknya mengaku jika tim Pilkades mulai dari tingkat Kabupaten hingga Kecamatan terus bersinergi. “Insya Allah sisi keamanan sampai saat ini masih aman dan kondusif,”tandasnya.

Kasubbag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti menyebutkan jika petugas kemanan telah dikerahkan sebanyak 280 anggota. “Nanti sore semua anggota pengamanan kami berangkatkan ke lokasi pelaksanaan Pilkades Batu Ampar,”pungkasnya saat dikonfirmasi. (nam/aka)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed