Euphoria BTS Meal: Kreativitas Marketing di Tengah Pandemi

  • Whatsapp
BTS Meal McD
BTS Meal McD

      

“Hidup seperti mengendarai sepeda.
Untuk menjaga keseimbangan, kamu harus terus bergerak.”

– Albert Einstein –

Oleh: Yayuk Sulistiyowati M.V.
Pustakawan SMPK Cor Jesu Malang

Krisis pandemi Covid-19 masih belum usai. Pagebluk ini sudah hampir dua tahun merambah dunia dan masih belum seratus persen mereda, bahkan muncul mutasi-mutasi baru yang juga meresahkan warga. Krisis ini juga berdampak serius bagi pengusaha kuliner sejak medio Maret 2020.

Tak sedikit gerai-gerai restoran besar harus rela gulung tikar. Tak sedikit yang masih terus bertahan dengan menjalankan trik-trik untuk mendongkrak penjualan  produk makanannya; baik secara online maupun menjajakan produknya di pinggir-pinggir jalan dengan harga yang jauh di bawah harga dine in.

Seperti mengayuh sepeda, roda hidup harus digerakkan dengan agar tidak berhenti di tempat atau bahkan jatuh karena tak seimbang. Demikian juga dengan roda usaha kuliner restoran gergengsi yang terdampak hebat berusaha untuk tetap berdiri dan memberikan pelayanan bagi para penggemar produknya.

Tumbuh dan menjamurnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di masa pandemi membuat demand masyarakat bergeser. Hal ini terjadi karena adanya pembatasan kunjungan dan makan di tempat membuat mereka lebih menikmati belanja melalui UKM yang cenderung terjangkau, cepat dan bervariasi. Kelesuan daya beli masyarakat membuat restoran – restoran ternama menjadi kembang kempis bahkan berdarah-darah mempertahankan usahanya.

Munculnya euphoria BTS Meal yang dirilis oleh McD beberapa waktu terakhir membuat dunia marketing produk makanan cepat saji tersengat. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai banyak fans BTS (ARMY) tak melewatkan kesempatan ini. Bahkan banyak dari kalangan pejabat negara dan para artis yang rela antri berburu BTS Meal ini.

Baca Juga: Pendidikan Karakter untuk Hadapi Tantangan Masa Depan

Di tengah kelesuan marketing produk makanan cepat saji sejak didera pandemi Covid-19, McD mampu menghadirkan keunikan dan trik penjualan yang efeknya bombastis. Kolaborasi dengan BTS yang merupakan band boys  Korea ternama, McD mampu menyihir para penggemar BTS yang disebut ARMY bahkan kalangan lainnya untuk kembali menikmati produk andalannya.

Paket lengkap dari BTS Meal yang diburu para fans dan penggemar McD antara lain : 9 Chicken McNugget, Medium Fries, Medium Coca Cola, dengan 2 saus baru Sweet Chily dan Cajun.

Produk ini berlangsung hanya sebulan mulai 10 Mei – 10 Juni 2021. Tak pelak restoran McD dibanjiri orderan dengan harga di aplikasi McD dibanderol sebesar Rp 40.909,-.

Dengan pembatasan promo spesial hingga bulan Juni saja merupakan trik mendongkrak penjualan BTS Meal secara fantastis. Meskipun pihak McD sudah menggunakan cara pembelian secara terbatas ; online, take away dan drive thrue  saja, namun cara ini belum mampu mengatasi membludaknya pemesanan yang menimbulkan pelanggaran protokol kesehatan yang berlaku ketat di masa naiknya kembali jumlah pasien Covid-19.

Pengamat Bisnis Yuswohady mengungkapkan bahwa “The most powerful salesman is your customers. Di era horizontal marketing, jualan yang paling ampuh adalah meminjam tangan konsumen yaitu memfasilitasi fans untuk ngomong di medsos.

Baca Juga: Anthony Hopkins, Peraih Oscar 2021 untuk Kategori Aktor Terbaik

McD jelas cerdas memanfaatkan fanatisme konsumen. Konsepnya adalah tormenting the customer, yaitu ‘menyiksa’ konsumen dengan cara membatasi availabilitynya, caranya hanya melalui tiga channels yaitu; drive-thru, order delivery, dan online delivery,” (idxchannel.com/10/06/21)

Terlepas dari bergulirnya issue munculnya pelanggaran protokol kesehatan karena antrian mengular ojek online di gerai-gerai McD, restoran cepat saji ternama ini pantas mendapat apresiasi. McD mampu menggeser demand pecinta kuliner dengan menggandeng BTS yang tak kalah banyak fans fanatiknya; terlebih kalangan anak-anak, remaja dan kaum muda yang juga tak asing dengan produk-produk andalan McD.

Salah satu penggemar BTS #Indonesia, Helena siswi kelas 6 SD; mengungkapkan bahwa “BTS Meal McD keren banget. Kemasan produk berwarna purple lengkapdengan logo BTS ditambah huruf Korea (Hangul)  BORAHAE memang sangat keren. Paket dengan saus varian baru cukup menarik ditambah karena BTS memang top abis, lagunya keren, personilnya keren dan lucu. Top dah pokoknya…”.

BTS sudah menjadi top brand jauh sebelum berkolaborasi dengan McD. BTS mempunyai hot fans  yang tersebar di seluruh penjuru dunia. BTS mewakili ikon Korea yang relevan dengan konsumen sesuai jamannya yang merupakan generasi  milenial. Indonesia merupakan salah satu negara dari 50 negara besar di dunia yang memasukkan BTS Meal rilisan McD. Tak dapat dipungkiri bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai banyak fans BTS beserta segala pengaruhnya; seperti boy band yang keren, drama Korea, kuliner khas Korea sampai model rambut dan design baju ala Korea.

Baca Juga: Antara Corona, Lebaran, dan Surat Jalan

BTS selalu melakukan pendekatan-pendekatan pada fans fanatiknya melaui even-even atau produk-produk yang berkolaborasi dengan mereka. McD dengan kreatif menggunakan kesempatan ini untuk menaikkan gairah konsumen yang notabene fans berat BTS untuk memburu produknya. Dan terbukti, trik ini sangat jitu dan bahkan viral hingga penjuru dunia.

Menurut Irfan Agia, Psikolog Bisnis & Konsumen dalam Kompas TV life menyampaikan bahwa BTS bukan sekedar boy band melainkan merupakan global brand yang telah sukses memberikan kontribusi cukup besar pada negaranya (Korea Selatan). Dengan menggandeng BTS yang telah mempunyai fans fanatik berloyalitas tinggi McD mampu mempopulerkan kembali menu klasik mereka dengan ditambah dua saus baru khas Korea. McD melihat potensi salah satu publik figur yang relevan dengan generasi saat ini adalah BTS. (Kompas TV life; 10/06/2021).

Di sisi lain yang patut diacungi jempol adalah histeria para ARMY yang memburu BTS Meal limited edition ini diimbangi dengan giat kemanusiaan. Sebuah kreativitas yang muncul dengan sendirinya di tengah dampak dari boomingnya orderan BTS Meal secara online.

Hari kedua promo BTS Meal para Army Indonesia membuka donasi bagi para ojol yang mempunyai andil besar dalam memenuhi kebutuhan mereka untuk memperoleh BTS Meal. Donasi yang dibuka sejak 8 Juni 2021 tersebut bertujuan untuk memberikan kebahagiaan bagi driver ojek online. Baik berupa makanan gratis atau paket sembako. Hal itu diumumkan lewat cuitan akun Kitabisa pada Rabu, 9 Juni lalu. (kompas.tv, 10/06/2021).

Baca Juga: Makna Kreativitas dalam Sajak Muhammad Iqbal

Euphoria BTS Meal merupakan sejarah kesuksesan trik marketing fenomenal yang tertoreh di masa pandemi. Hal ini tentu saja mendongkrak kreativitas para pengusaha baik kuliner maupun merchant lainnya untuk menaikkan tingkat penjualan produknya. Tentu saja bukan hal yang mudah karena pengusaha yang mampu menggandeng global brand  hanya pengusaha top level. Justru pengusaha top level yang mulai kolabs di masa pandemi perlu memikirkan trik semacam ini untuk terus mempertahankan produknya, apalagi produknya merupakan produk klasik yang menjadi andalan dan perlu dipertahankan.

Apakah pengusaha top level lain mampu bangkit seperti McD?… atau apakah ada global brand selain BTS yang relevan di jaman ini?… Mari kita tunggu kejutan-kejutan lainnya setelah euphoria ini.  (yy2021).