Minggu, September 25, 2022
BerandaOpinion & ArtOpinionPermen yang Dinantikan  

Permen yang Dinantikan  

Oleh: Ahsan Muafa ST, M.Pd

Energi listrik sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua aktifitas kehidupan membutuhkan energi listrik. Mulai dari kebutuhan penerangan hingga mengaktifkan peralatan listrik. Selama 24 jam sehari hampir semua aktifitas memerlukan energi listrik.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Namun sangat disayangkan bahwa pembangkitan energi listrik menyisakan masalah pada lingkungan. Masalah timbul karena pembangkitan energi listrik, khususnya di Indonesia,  membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) yang dapat menimbulkan polusi udara.

Baca Juga: Gubernur Ingin Industri Kendaraan Listrik Dibangun Juga di Bali

Dengan angka pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi, kebutuhan energi listrik juga semakin meningkat. Dengan demikian, semakin banyak pula polusi udara yang terjadi.

Untuk mencegah polusi udara semakin meluas dan meningkat maka pemerintah melalui kementerian energi dan sumber daya mineral (ESDM) mengeluarkan kebijakan pengurangan pembangkitan energi listrik.

Pengurangan pembangkitan yang dimaksud adalah pembangkitan energi listrik dari BBM. Pemerintah memberikan kesempatan pada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangkitan energi listrik hijau.

Salah satu upaya pemerintah untuk mendukung pembangkitan energi hijau adalah dengan pembangunan energi terbarukan secara mandiri. Di Indonesia, salah satu energi yang berlimpah adalah sinar matahari.

Baca Juga: Polisi Tindak Pelajar yang Gunakan Sepeda Listrik ke Sekolah

Oleh karena itu, masyarakat diberi kesempatan untuk memasang sel surya secara mandiri. Dengan adanya regulasi dari pemerintah melalui Peraturan Menteri (Permen), masyarakat diperbolehkan memasang sel surya sebagai alternative pembangkit energi listrik.

Sejatinya Permen ESDM ini mampu memberikan trigger masyarakat untuk mencari alternatif energi listrik. Namun PLN selaku perusahaan wakil pemerintah terkesan enggan melaksanakannya.

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

KemenPPPA Ajak Masyarakat Berani Bicara Kekerasan Seksual

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) menggelar jalan sehat di kawasan Bundaran HI, Jakarta, pagi ini. Menteri PPPA Bintang...