Kementan Mendukung Pembangunan Kebun Buah Itera di Lampung

  • Whatsapp
Dirjen Hortikultura Kementan Dr Prihasto Setyanto (baju coklat), Rektor Itera, Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc PhD IPU dan Komisi IV DPRI, Sudin (Baju Putih) sedang melakukan penanaman bibit buah di Itera. Kamis. (4/3/2021). (ANTARA/Dian Hadiyatna/Ho)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANDARLAMPUNG – Kementerian Pertanian (Kementan) berkomitmen mendukung pembangunan perkebunan buah yang sedang dilaksanakan oleh Institut Teknologi Sumatera (Itera) pada lahan seluas 10 hektare di lingkungan kampus itu di Provinsi Lampung.

“Sebagai bentuk dukungan pembangunan Kebun Buah Itera, Kementan telah memberikan kebutuhan bibit buah pada penanaman tahap satu di tahun 2020,” kata Dirjen Hortikultura Kementan Dr Prihasto Setyanto, di Lampung Selatan, Lampung, Kamis.

Baca Juga

BACA JUGA : Angka Pengangguran di Bandarlampung Naik Sebanyak 1,64 persen – Nusadaily.com

Ia mengatakan  bibit buah yang diberikan kepada Itera tersebut meliputi jambu, mangga, kelengkeng, pisang, nanas, durian, jeruk, dan buah naga.

Pada 2021 Kementan akan kembali memberikan bibit buah dan beberapa pendukung kebutuhan Kebun Buah Itera. Termasuk pembangunan saluran irigasi untuk mengontrol pengairan di lokasi kebun.

BACA JUGA : Perajin Tempe Bandarlampung Kurangi Ukuran Agar Tetap Produksi – Noktahmerah.com

“Penanaman tahap dua akan kami tanam bibit buah lainnya, seperti anggur, kelengkeng, avokad, dan pepaya,” katanya.

Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin MSc PhD IPU mengapresiasi dukungan yang telah diberikan oleh Kementan dan juga Komisi IV DPR RI dalam pembangunan Kebun Buah Itera.

BACA JUGA : Pemkot Bandarlampung Batasi Jam Pusat Perbelanjaan dan Tempat Hiburan – Imperiumdaily.com

Dia mengatakan kebun buah tersebut akan memiliki tiga fungsi utama yakni sebagai laboratorium alam tempat mahasiswa dan dosen dari berbagai program studi (prodi), seperti Prodi Teknologi Pangan, Rekayasa Kehutanan, Teknik Biosistem, Teknik Industri Pertanian, serta lainnya melakukan praktikum; sebagai pendukung program penghijauan kampus; dan menjadi lokasi agrowisata bagi masyarakat.

“Di kebun buah ini nantinya akan banyak mahasiswa dan dosen dari berbagai program studi yang melakukan riset. Diharapkan dapat mendukung perkembangan keilmuan dan teknologi di bidang pertanian serta perkebunan,” katanya.(lal)