Gempa Pangandaran Sempat Membuat Panik Wisatawan

  • Whatsapp
gempa bumi terkini
gempa terkini (foto: BMKG)
banner 468x60

PANGANDARAN – Gempa dengan magnitudo 5,9 yang mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Minggu pagi (25/10), sempat membuat panik para wisatawan.

BACA JUGA: Gempa Pangandaran Kejutkan Warga Sukabumi

Baca Juga

Dilansir dari Kompas.com, Ketua Tagana Pangandaran, Nana Suryana menyampaikan, berdasarkan pantauan di lapangan saat ini aman dan kondusif. Pihaknya sudah mengecek kondisi pantai.

Nana menyampaikan, wisatawan sempat menjauhi pantai sesaat terjadi guncangan gempa. Namun tidak berlangsung lama, setelah BMKG merilis informasi gempa tidak berpotensi tsunami.

“Kepanikan pasti ada, khususnya yang beraktivitas di pinggir pantai panik, sebagian ada yang menghindari pantai. Namun situasi sekarang aman dan kondusif,” jelas Nana.

Warga di pesisiran pantai selatan di Kabupaten Tasikmalaya juga merasakan guncangan gempa tersebut yang terasa cukup kuat dan berlangsung beberapa detik.

Seorang warga pesisir pantai di Kecamatan Cipatujah, Yana Taryana mengatakan, saat gempa dirinya dan warga lainnya keluar rumah karena khawatir bangunan rumah roboh.

“Saat gempa, warga di sini semua panik, keluar rumah. Sebagian ada yang ke pantai melihat kondisi laut, takutnya tsunami,” kata Yana.

BACA JUGA: Guncangan Gempa Pangandaran Dirasakan Hingga Yogyakarta

Yana menyampaikan, kepanikan warga di pesisir pantai tidak berlangsung lama. Warga kembali ke rumahnya masing-masing setelah merasa tenang dan tidak akan terjadi lagi gempa susulan.

“Kebetulan di sini kondisinya sedang hujan, jadi banyak yang kembali lagi ke rumah, dan beraktivitas seperti biasa,” kata Yana.

BMKG menyampaikan dalam siaran resminya gempa berkekuatan magnitudo 5.9 itu berlokasi 90 kilometer Barat Daya Kabupaten Pangandaran. Dengan kedalaman 10 kilometer yang terjadi, Minggu pukul 07.56 WIB. (Ian)