Kamis, Januari 20, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalTak Pakai Masker, Siap-siap KTP Ditahan

Tak Pakai Masker, Siap-siap KTP Ditahan

NUSADAILY.COM – MALANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang bersama tim pemburu pelanggar protokol kesehatan COVID-19 kembali melakukan Operasi Yustisi, Jumat (25/9). Dalam operasi tersebut, petugas mendapati beberapa warga yang tidak menggunakan masker di kawasan Velodrome, Kecamatan Kedungkandang.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Bagi warga yang tidak menggunakan masker, langsung ditindak. Kami beri surat tilang dan KTP nya ditahan,” ujar Kepala Satpol PP Kota Malang, Priyadi.

Pria berkacamata itu menjelaskan, dalam surat tilang tersebut, tertera jadwal sidang tilang yang akan digelar di Kantor Satpol PP Kota Malang.

“Mereka harus membayar denda tilang sesuai dengan kesalahan yang dibuat, yang menentukan (jumlah sanksi denda) yang dibayarkan nanti hakim. Kemungkinan, sidang tilang tanggal 30 September 2020 mendatang,” papar dia.

KTP Setelah Sidang

Setelah menjalani sidang dan membayar denda tilang, warga bisa mengambil KTP yang sebelumnya telah ditahan. “Tinggal menunjukkan bukti surat tilang saja, kemudian KTP-nya bisa diambil,” imbuh dia.

Priyadi menambahkan, selama sepekan terakhir, dalam melakukan penegakan disiplin melalui Operasi Yustisi, kebanyakan para pelanggar adalah para pengendara sepeda motor dan mobil. “Rata-rata, mereka tidak menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah,” pungkas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam satu hari, pihaknya berhasil memberikan penegakan disiplin terhadap 70 orang. “Rata-rata, ada 70 orang per hari. Operasi ini kami lakukan setiap hari dengan berkeliling di sekitar Kota Malang, termasuk di pusat keramaian,” jelas dia.

Priyadi menjelaskan, operasi tersebut dinilainya cukup efektif untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat untuk menggunakan masker. “Belakangan, jumlah masyarakat yang tidak menggunakan masker terus berkurang. Sehingga, jumlah warga yang tidak disiplin hanya berkisar di angka 10 persen,” tandas dia.(nda)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily