Kamis, September 29, 2022
BerandaNewsRegionalTak Dapat Kucuran Dana Hibah, Program DKB Tersendat

Tak Dapat Kucuran Dana Hibah, Program DKB Tersendat

NUSADAILY.COM-KOTA BATU-Pendanaan secara swadaya menjadi penyebab program seni dan budaya Dewan Kesenian Batu (DKB) tak optimal. Selama ini belum ada dana hibah yang dikucurkan Pemkot Batu ke DKB untuk menjalakan program seni budaya. Pengurus DKB menghimpun dana swadaya untuk menjalankan programnya. Hal itu dilakukan sejak tahun 2016 lalu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House


 Ia berharap bisa memaksimalkan program-programnya dalam memajukan kebudayaan di Kota Batu.  Setiap tahun, DKB selalu menyusun program kegiatan. Dan diharapkan dari program yang dibuat bisa menggaet dana hibah untuk DKB.

“Sejak tahun 2016, kami telah punya pogram namun belum ada dana hibah. Sehingga dalam setiap menjalankan program, kami harus ikut numpang saja dalam program yang telah dibuat oleh Disparta,”jelas Ketua DKB Kota Batu, Fuad Dwiyono dilansir Nusadaily.com.

DKB menghitung kebutuhan anggaran untuk menjalankan program kegiatannya. Dan untuk tahun ini, dari program yang dibuat DKB membutuhkan alokasi dana sekitar Rp 1,2 miliar.

Meskipun tidak semua dipenuhi, DKB berharap tahun ini ada dana hibah minimal Rp 500 juta agar seni budaya di Kota Batu tidak semakin terpuruk. Dipastikan dana hibah akan dipergunakan untuk perkembangan seni dan budaya rakyat.

“DKB terbuka bagi semua latar belakang. Bukan hanya seniman, tapi juga ASN, guru, pedagang, hingga anak-anak yang mencintai seni,” imbuh Fuad.

Wakil II DPRD Kota Batu Heli Suyanto mengatakan bahwa ekskutif dan legislatif memang belum memberikan dana hibah pada DKB. Karena diungkapnya, selama ini kegiatan DKB mengikuti kegiatan di Disparta.

“Memang belum ada hibah. Karena selama ini kegiatan DKB sudah nempel ke program Disparta dan OPD lainnya. Meski begitu agar pelestarian budaya bisa maksimal, kami akan usahakan untuk dana hibah bagi DKB,”ujar Heli.

Namun pihaknya belum bisa menyediakan alokasi dana hibah untuk DKB di awal tahun ini. Karena anggaran tahun ini sudah diplot sehingga kemungkinan baru bisa diajukan di PAK 2021, atau APBD 2022. (wok/wan)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Eks Bek MU Sarankan Harry Maguire Kunjungi Psikolog

NUSADAILY.COM - LONDON - Harry Maguire disarankan mengunjungi psikolog. Bek asal Inggris itu dinilai butuh bantuan untuk bisa bermain lebih baik. Maguire baru saja dikecam...