Senin, Oktober 25, 2021
BerandaNewsRegionalTahapan Pilkades PAW Sumenep tetap Dilanjut Meski Pilkades di Tunda

Tahapan Pilkades PAW Sumenep tetap Dilanjut Meski Pilkades di Tunda

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM-SUMENEP- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyurati seluruh Bupati atau Walikota se Indonesia terkait penundaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dan Pilkades Antar Waktu (PAW). Surat Mendagri nomor 141/4528/SJ, tertanggal 10 Agustus 2020 denga sifat surat Penting.

Meski demikian, Kabupaten Sumenep tetap melanjutkan tahapan. Sebab, menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Moh. Ramli, saat ini tahapan PAW untuk dua desa sudah tahap penjaringan calon.

“Surat edaran dari Mendagri memang ditekankan untuk pilkades serentak dan PAW ditunda. Untuk pelaksanaan pilkades serentak di Sumenep ditunda ke 2021 pelaksanaannya. Khusus PAW tahapannya dilanjutkan,” ungkapnya kepada nusadaily, Rabu 12 Agustus 2020.

Lebih lanjut, Ramli menjelaskan bahwa dari laporan camat setempat, sampai saat ini sudah tahap penjaringan dan pendaftaran calon, kemudian nantinya akan dilanjutkan dengan penetapan calon, lalu penetapan utusan pemilih di masing-masing dusun.

Saat ini, tambah Ramli, ada dua desa yang akan menggelar PAW yaitu Desa Pananggungan, Kecamatan Guluk-guluk, dan Desa Kerta Timur, Kecamatan Ambunten.

“Kalau mengacu ke hasil konsultasi dengan pihak Provinsi Jawa Timur, tahapan yang sedang berjalan katakanlah tetap bisa berlangsung,” terangnya.

Bahkan, pihaknya menyebutkan jika pelaksanaan Pilkades PAW tetap akan digelar di tahun ini dan masih menunggu disposisi dari Bupati Sumenep.

“Tapi khusus pelaksanaan pemungutan suara karena lewat forum musyawarah desa maka diarahkan pelaksanaanya setelah pilkada. Setelah tanggal 9 Desember. Tetap dilaksanakan tahun ini,” pungkasnya. (nam/top)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Istri Selingkuh, Suami Bawa Alat Berat Hancurkan Rumah😱##tiktokberita

♬ kau curangi cintaku - Milan indramayu