Sabtu, November 27, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalSelama Ini, Perintis Kemerdekaan di Kabupaten Blitar Tak Dapat Bantuan Pemda

Selama Ini, Perintis Kemerdekaan di Kabupaten Blitar Tak Dapat Bantuan Pemda

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – BLITAR – Perintis kemerdekaan RI sudah seharusnya mendapat uluran tangan dari pemerintah karena perjuangannya di kala merebut kemerdekaan. Hanya saja, puluhan perintis kemerdekaan yang ada di Kabupaten Blitar ternyata belum mendapat bantuan dari daerah.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Puguh Wahyu Utomo Adi kepada Nusadaily.com, Jumat 21 Agustus 2020. Menurutnya, sesuai pendataannya ada 26 perintis kemerdekaan di Kabupaten Blitar. Pihaknya masih berupaya terus mengusulkan agar mendapat bantuan dari daerah.

“Kita sudah usulkan agar mereka ini mendapat bantuan. Mungkin saat ini masih digodok di Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Kalau pun dapat, mungkin ya masih tahun depan,” ujarnya.

Beruntung, sebanyak 26 perintis kemerdekaan itu mendapat bantuan dari Provinsi Jawa Timur. Bantuan berupa sembako, seperti beras, gula, minyak goreng, dan lain-lain. Bantuan sembako itu rencananya akan disalurkan langsung kepada para perintis pada senin pekan depan.

Ia menjelaskan, ada dua jenis perintis, yaitu perintis asli dan perintis janda atau ahli waris. Untuk perintis asli, yang mana hingga kini masih hidup dan berusia sekitar 99 tahun berjumlah tiga orang, diantaranya berasal dari Wlingi, Panggungrejo, dan Gandusari.

“Sedangkan sisanya atau 23 lainnya merupakan perintis janda keberadaannya menyebar di 22 kecamatan yang ada,” tandasnya.(tan/lna)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR