Senin, September 27, 2021
BerandaNewsRegionalSebanyak 1.175 Penerima BST di Magetan Telah Meninggal Dunia

Sebanyak 1.175 Penerima BST di Magetan Telah Meninggal Dunia

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Data PT Kantor pos ada sebanyak 1.175 orang meninggal dunia di Kabupaten Magetan, masih terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial (bansos). Mereka, yang mendapatkan bantuan uang tunai Rp 300 ribu tersebut tidak memiliki ahli waris, yang bisa dikatakan sebagai penerima dengan kartu keluarga (KK) tunggal.

Jumlahnya merata pada 235 Desa dan Kelurahan di Magetan, tiap desa rata-rata ada KPM yang meninggal lima sampai enam orang,’’ kata kepala Kantor Pos Magetan Sumardi kepada nusadaily.com, Rabu, (04/08/2021).

Sebenarnya kalau ada KPM yang meninggal tetapi masih terdaftar sebagai penerima bansos. Lajutnya, hal itu masih bisa diambil atau dicairkan, dengan syarat yang datang untuk melakukan pencairan itu keluarganya dalam satu KK. ” Ahliwarisnya itu datang ketempat pengambilan dengan membawa identitas KTP asli. Dapat diambil tetapi ahli warisnya yang masih dalam satu KK,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskanya, karena uang bantuan untuk 1.175 KPM yang meninggal dunia tanpa ada ahli warisnya maka uang tersebut akan dikembalikan lagi kepada pemerintah pusat. Hal tersebut sudah diatur oleh kemensos dalam penyaluran bantuan.

‘’ Uangnya akan dikembalikan lagi kepada Pemerintah Pusat,’’ tegasnya.

Penyaluran sampai hari ini dari 23.699 penerima bansos, sudah tercapai sebanyak 85 persen. Besok itu penyaluran semuanya sudah selesai, karena sampai hari ini proses penyalurannya tinggal 15 persen. Kendala dalam penyaluran bansos saat ini banyak KPM yang tidak hadir memenuhi undangan. Pengambilan bansos di tempat yang sudah ditentukan.

” Ya karena ada yang lanjut usia (lansia) dan sedang melakukan isolasi mandiri (isoman), petugas kantor pos harus mendatangi rumahnya untuk memberikannya langsung, door to door lah,’’ pungkasnya. (nto/aka).

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...