Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaNewsRegionalProgram "Free Extraordinary You" di Surabaya Dimulai November 2021

Program “Free Extraordinary You” di Surabaya Dimulai November 2021

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Program kelas khusus bertajuk “Free Extraordinary You” yang diperuntukkan bagi pelajar SD dan SMP dengan IQ di atas rata-rata di Kota Surabaya, Jawa Timur, dimulai November 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Supomo di Surabaya, Rabu, mengatakan pihaknya sudah mulai melaksanakan tahapan seleksi kepada para pelajar di Surabaya.

BACA JUGA: Kasus COVID-19 Turun, Pemerintah Tetap Perkuat Pengendalian

“Ini sudah mulai tesnya (seleksi). Insya Allah awal November 2021 sudah pelaksanaan,” ujarnya.

Ia menjelaskan peserta kelas khusus ini berasal dari para pelajar SD-SMP, baik swasta maupun negeri. Namun, sebelum mengikuti kelas khusus, para pelajar ini akan dilakukan seleksi dan tes secara bertahap.

BACA JUGA: Gawat! Faisal Basri Sebut RI Bantu Serap Pengangguran China

“Tesnya nanti bertahap, mulai Tes Potensi Akademik (TPA) hingga Tes IQ. Setelah itu mereka mengikuti pembelajaran. Karena itu, SD-SMP di Surabaya silahkan mengirimkan anak-anak terbaiknya, kemudian nanti kita pilih,” katanya.

Supomo memastikan kelas khusus ini tidak akan mengganggu waktu pelajaran normal di sekolah, karena pelaksanaannya berlangsung di luar jam sekolah. Nantinya, kelas khusus diisi sekitar 15-20 anak dan terbagi di wilayah Surabaya Utara, Timur dan Barat.

“Kelasnya nanti kecil-kecil. Satu kelas isinya sekitar 15-20 anak. Nanti kita lihat juga potensinya anak-anak itu bagaimana,” paparnya.

BACA JUGA: Awas! China Sebut Ada kapal ‘Mata-mata’ AS di Bawah Laut China Selatan

Selain itu, lanjut dia, dalam program kelas khusus ini, Dispendik Surabaya bekerja sama dengan Prof. Yohanes Surya yang merupakan fisikawan Indonesia yang dikenal sebagai pembimbing Tim Olimpiade Fisika Indonesia/TOFI.

Nantinya, kata Supomo, Prof Yohanes tak hanya memberikan pembelajaran bagi para pelajar peserta kelas khusus. Tapi, juga memberikan pembinaan kepada tenaga pendidik dalam program tersebut agar mereka memiliki kemampuan yang lebih dan terarah.

“Targetnya adalah anak-anak pintar di Kota Surabaya semakin terasah. Jangan sampai ada anak pintar kemudian tidak ada pembinaan, perhatian khusus, kemudian anak-anak itu menjadi anak-anak biasa-biasa saja,” katanya.

BACA JUGA: Prabowo Siap Bekerja Sama dengan Semua Partai

Supomo berharap melalui program kelas khusus tersebut, kemampuan anak-anak Surabaya yang memiliki IQ di atas rata-rata dapat semakin terasah. Karenanya, Dispendik Surabaya berkomitmen menyediakan wadah atau fasilitas untuk mengasah kemampuan mereka.

“Misal ada yang pintar olahraga, maka Dispendik melakukan pendekatan-pendekatan khusus kepada mereka yang pintar olahraga. Begitu pula yang pintar seni. Karena kelebihan pikirannya (IQ-nya) itu, harus diwadahi. Sehingga, semuanya terpoles sedemikian rupa,” katanya.

BACA JUGA: 2 Tahun Penantian, Akhirnya Siti Badriah Hamil Anak Pertama

Supomo menambahkan pelajaran di kelas khusus nantinya tak hanya fokus pada bidang eksak saja, melainkan juga beberapa bidang lain atau non-eksak yang disesuaikan dengan intelektual para peserta.

“Jadi, bukan hanya bidang eksak, nanti kalau dia ternyata kemampuan intelektual tinggi kita akan siapkan itu (non-eksak),” katanya.(eky)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

PCR

Aturan Terbaru Perjalanan Udara Jawa-Bali, Wajib Tes PCR!

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Satuan Tugas COVID-19  menyampaikan pelaku perjalanan udara dari dan ke Pulau Jawa-Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan...