Rabu, September 28, 2022
BerandaNewsRegionalKapolres Jember Digugat oleh Tersangka Korupsi Honor Pemakaman Covid-19

Kapolres Jember Digugat oleh Tersangka Korupsi Honor Pemakaman Covid-19

NUSADAILY.COM – JEMBER – Mohammad Djamil, tersangka kasus korupsi honor pemakaman Covid-19 di Kabupaten Jember tidak bersedia menghadiri panggilan pemeriksaan oleh polisi sebanyak dua kali.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Yaitu, saat jadwal pemeriksaan pada hari Jumat, tanggal 29 Juli, dan juga untuk panggilan berikutnya di waktu sekarang, Rabu, 3 Agustus 2022.

PNS aktif yang sedang menjabat Staf Ahli Bupati Jember Hendy Siswanto itu, bahkan melanjutkan manuvernya dengan menggugat perwira-perwira polisi yang menangani kasus ini ke Pengadilan Negeri (PN) Jember.

BACA JUGA: Sekda Jember Bersaksi bagi Tersangka Kasus Korupsi Honor Pemakaman

Bentuk gugatan Mohammad Djamil berupa pengajuan praperadilan dengan tujuan memperkarakan pihak Kepolisian Resor Jember yang telah menetapkannya sebagai tersangka.

“Yang digugat adalah Kapolres Jember, Cq (Casu Quo) Kasat Reskrim. Registrasi gugatan diajukan sejak Senin (tanggal 1 Agustus 2021) kemarin,” ujar pengacara Mohammad Djamil, Purcahyono Juliatmoko.

Pihak Mohammad Djamil merasa keputusan polisi keliru. Guna membuktikan kebenaran atas anggapan tersebut, maka langkah hukum yang ditempuh lewat praperadilan.

“Kami menduga penetapan tersangka, penyidik kepolisian tidak cukup bukti formil maupun materiil. Pak Djamil ini kan hanya (menjalani tugas) administrasi. Sedangkan, aliran cash money ada di PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) yang jadi tersangka lain,” dalih Juliatmoko.

BACA JUGA: Kepala BPBD Jember yang Terlibat Kasus Honor Covid-19 Akhirnya di-Staf Ahli-kan

Dalam tahap proses gugatan praperadilan tidak serta merta menghentikan penyidikan. Buktinya, bersamaan waktu registrasi praperadilan, justru polisi memeriksa 9 orang saksi ASN-ASN dari BPBD, dan hari berikutnya giliran pemeriksaan terhadap Sekda Jember Mirfano.

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Cerita Roy Citayam Fashion Week, Dulu Dapat Rp 5 Juta Sehari Kini Sepi Tawaran

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Citayam Fashion Week yang sempat menjadi fenomena kini tidak lagi eksis. Kawasan Dukuh Atas yang menjadi lokasi fashion show di...