Rabu, September 28, 2022
BerandaNewsJatimDerita Petani Tembakau Magetan 3 Tahun tanpa DBHCHT: Puluhan Miliar Tak Rembes

Derita Petani Tembakau Magetan 3 Tahun tanpa DBHCHT: Puluhan Miliar Tak Rembes

Ia mengaku heran dengan kebijakan pemerintah ini. Paimin mengatakan, jika terus begini dapat dipastikan di Krajan tidak aka nada lagi petani tembakau.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Tidak ada lagi menanam tembakau, justru akan beralih ke tanaman lain. Tembakau Rejeb khas Magetan bakal hilang,” ujarnya.

Baca Juga: Aksi Penembakan Brutal Kembali Terjadi di AS, 3 Orang Dikabarkan Tewas

Ia dan petani tembakau lain berharap kucuran dana dari DBHCT kembali bisa dinikmati lagi.

“Kami pelaku utama yang produksi tembakau, tentu kami juga punya hak. Karena menanam tembakau itu tidak mudah, kami butuh dukungan dari pemerintah mulai dari pupuk hingga permodalan,” keluhnya.

Baca Juga: Harga Rokok Bakal Naik, Tembakau Tingwe Laris Manis di Kabupaten Malang

Terkait dana DBHCHT para petani tembakau tersebut mengaku tidak tahu banyak. “Dari berita berita di tv dan cerita di warung-warung (DBHCHT) untuk membangun rumah sakit, sosialisasi, hingga dangdutan,” tandasnya.

Mereka berharap Bea Cukai kembali mengalokasikan DBHCHT untuk para petani tembakau. “Dari jumlah dana dengan jumlah yang sekian banyak itu, mencapai puluhan miliar, sedikitpun tidak rembes ke kami petani tembakau. Kembalikan seperti dulu agar kami bisa terus bisa bercocok tanam,” pungkasnya.

Baca Juga: DTPHP Jember Jelaskan Duduk Masalah Alat Pengering Tembakau

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah terkait jumlah dana yang diterima Pemkab Magetan, Bidang Perekonomian penerimaan DBHCHT berdalih yang yang bersangkutan sedang tanding volly dalam rangka HUT RI ke-77 di GOR Ki Mageti. (nto/ark)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Karier Harry Maguire di MU Sudah di Ujung Tanduk?

NUSADAILY.COM - MANCHESTER - Legenda Liverpool, Jamie Carragher beri kritik kepada Harry Maguire. Katanya, bek tengah itu sudah habis waktunya di Manchester United untuk...