Kamis, September 29, 2022
BerandaNewsRegionalBanjir di Jember Kotori Sumur-sumur Warga

Banjir di Jember Kotori Sumur-sumur Warga

NUSADAILY.COM – JEMBER – Dampak banjir dari luapan sungai Tanggul Lama masih diderita warga. Puluhan sumur dalam kondisi kotor, karena bercampur dengan air banjir dan bahkan lumpur.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Air sumur sekarang kotor dengan warna kuning dan bau. Jadi, sementara tidak bisa digunakan untuk kebutuhan sehari hari,” ujar Mahroji, warga Dusun Rowotengu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Semboro, Rabu, 17 November 2021.

Menurutnya, warga terpaksa harus mencari air bersih ke sumur di daerah lain yang tidak terdampak banjir. Warga membutuhkan bantuan mesin penyedot untuk menguras sumur yang telah kotor.

BACA JUGA: Bupati Jember Sambangi Korban Banjir, BPBD Kemas Bantuan Tanpa Lauk Pauk

Perangkat Desa Sidomulyo, Totok Mujiarto mencatat sedikitnya terdapat 51 sumur warga yang harus dibersihkan.

“Yang terdampak banjir, air sumurnya sangat kotor. Air banjir masuk ke sumur karena posisi rumah penduduk di dataran rendah, sehingga tergenang banjir dengan ketinggian mencapai 1 meter,” kata Totok.

Kini, sebanyak 20 relawan Tim Wash dari Palang Merah Indonesia (PMI) Jember telah dikerahkan ke lokasi bencana banjir untuk ditugaskan menormalisasi sumur-sumur warga. Mereka dibekali tiga unit mesin pompa yang berfungsi untuk menguras air.

Tim Wash bertugas menormalisasi sumur warga terdampak banjir ke Desa Sidomulyo, Desa Pondok Joyo, Desa Rejoagung, dan juga Desa Pondok Dalem di Kecamatan Semboro.

BACA JUGA: Ini Penyebab Utama Banjir Bandang Kota Batu Menurut BNPB

“Kita harap semua sumur milik warga yang kotor dan bau itu semuanya bisa normal kembali untuk secepatnya bisa digunakan kembali. Selain dikuras, kita juga beri tawas agar air tidak keruh dan kembali jernih,” jelas SP Kepala Unit Markas PMI Jember Rupianto.

Dari data BPBD Kabupaten Jember, tercatat 577 rumah warga terdampak banjir, 1 rumah rusak dan 230 warga mengungsi. Jumlah tersebut tersebar di 6 desa yang ada di 3 kecamatan. (sut/lna)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Eks Bek MU Sarankan Harry Maguire Kunjungi Psikolog

NUSADAILY.COM - LONDON - Harry Maguire disarankan mengunjungi psikolog. Bek asal Inggris itu dinilai butuh bantuan untuk bisa bermain lebih baik. Maguire baru saja dikecam...