Sabtu, Desember 4, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsPolitikAnggota DPRD Ewan Sosialisasikan Pancasila Cegah Konflik Sosial

Anggota DPRD Ewan Sosialisasikan Pancasila Cegah Konflik Sosial

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – BANJARMASIN – Anggota Komisi I DPRD Kalimantan Selatan, H Gusti Rosyadi Elmi melakukan sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan atau Wasbang, sebagai salah satu upaya untuk mencegah perpecahan serta konflik sosial.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Oleh sebab itu, perlu sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wasbang agar tidak terjadi perpecahan serta konflik sosial seperti di provinsi kita,” ujar Humas Sekretariat DPRD (Setwan) setempat, Rabu  mengutip pendapat anggota Dewan tersebut.

BACA JUGA: Kepala BPIP Ajak Ulama Se-Priyangan dan Pemda Pangandaran Sosialisasikan Nilai Pancasila

Menurut wakil rakyat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wasbang bertujuan antara lain menanamkan kembali pentingnya kesadaran berbangsa pada setiap masyarakat, baik tua maupun muda.

Menurut dia, kegiatan sosialisasi tersebut  untuk menyamakan visi dan pola pikir, gagasan serta pendangan atau langkah-langkah partisipasi aktif warga negara Indonesia, terutama bagi pemuda.

“Partisipasi aktif tersebut untuk mewujudkan cita-cita nasional Bangsa Indonesia, seperti tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945,” ujar laki-laki kelahiran “Bumi Murakata” HST itu.

Ia mengharapkan sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wasbang tersebut kembali menggelorakan semangat serta terus meningkatkan peran serta seluruh komponen dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan, serta cinta bangsa Indonesia.

Hal tersebut, menurut dia, dimulai dari menjaga persatuan dan kesatuan dalam pertemanan di lingkungan sekitar, sehingga ke depannya dapat menjadi tonggak terjaganya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

BACA JUGA: Kemensos: Keserasian Sosial dan Kearifan Lokal Cegah Konflik di Masyarakat

Sejalan dengan Gt. Rosyadi, seorang narasumber Misran menyampaikan sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wasbang dapat menjadi bekal pembangunan dan pembaruan dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang bermental dan berakhlak mulia.

Sementara narasumber lain, Supriadi, (anggota DPRD HST) mengharapkan, dengan pelaksanaan sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wasbang menjadi langkah konstruktif untuk mengubah pola pikir, sikap, dan perilaku pemuda ke arah yang lebih baik.

Wakil rakyat Bumi Murakata HST itu juga menekankan agar para peserta yang hadir dalam sosialisasi Ideologi Pancasila dan Wasbang tersebut supaya terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.(int7)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR