Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsMetropolitanTragedi Tronton Tewaskan Lima Orang di Balikpapan, ini Tanggapan Anggota Komisi V...

Tragedi Tronton Tewaskan Lima Orang di Balikpapan, ini Tanggapan Anggota Komisi V DPR

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Peristiwa kecelakaan di Kota Balikpapan menewaskan lima orang dan beberapa orang luka, Jumat pagi (21/1/2022) akibat truk tronton rem blong menjadi perhatian anggota komisi V DPR RI, Hj. Novita Wijayanti, S.E., M.M. Kendaraan besar  seharusnya ada ketentuan sendiri. Kapan dan dijalan mana saja boleh dilalui dan  muatannya bagaimana.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Belum lagi, kata Novita pemeriksaan kendaraan secara rutin oleh pemilik kendaraan. Menurutnya hal tersebut  bisa tidak dilakukan. Selain menyampaikan kekecewaannya atas tragedi itu,  ia juga  menilai pengawasan bisnis angkutan material seperti ini masih sangat lemah.

Novita juga menekankan, hendaknya pengawasan di bidang Pengendalian Operasi (Dalops) pada Kementerian Perhubungan dan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) yang berdomisili di setiap provinsi harus ditingkatkan. 

“Lakukan pengawasan penyelenggaraan pengujian berkala kendaraan bermotor yang diselenggarakan Dinas Perhubungan di kabupaten/ kota juga harus lebih diperketat lagi,” tegasnya.

“Kejadian ini kan menandakan pelanggaran operasi truk ODOL (Over Dimensi dan Over Loading) jalan raya nampaknya belum menyurut, sehingga menyebabkan lakalantas seperti ini. Ya, ini sangat mengecewakan,” ucapnya kepada wartawan Jumat (21/1/2022).

Novita meminta instansi sudah saatnya  mempercepat penuntasan truk ODOL beroperasi di jalan, tidak perlu menunggu lama, ketimbang korban kecelakaan makin bertambah. Ruas-ruas jalan yang memiliki geometrik turunan harus dilengkapi dengan jalur penyelamat.

Selain menyampaikan kekecewaannya terhadap tragedi itu, Novita juga mengucapkan belasungkawanya terhadap para korban.(sir/wan)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily