Rabu, September 28, 2022
BerandaNewsMetropolitanPemerintah Diminta Perkuat Upaya Pemeriksaan Cacar Monyet di Pintu Masuk RI

Pemerintah Diminta Perkuat Upaya Pemeriksaan Cacar Monyet di Pintu Masuk RI

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mendesak pemerintah memperkuat upaya pencegahan cacar monyet atau monkeypox di Indonesia. IDI meminta pemerintah memperluas dan memperketat pemeriksaan atau skrining di pintu-pintu masuk Indonesia.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Memperluas dan memperketat skrining pada pintu masuk pelabuhan, bandara, dan Pos Lintas Batas Darat Negara (PLBDN),” kata Ketua Umum PB IDI M. Adib Khumaidi dalam keterangan resmi, Selasa (2/8).

Adib mengatakan pengetatan skrining yaitu dengan melakukan pengawasan terhadap pelaku perjalanan melalui pengamatan suhu, pengamatan tanda dan gejala.

BACA JUGA : Ngeri! Eks Petinggi WHO Ungkap Resiko Penularan Cacar Monyet pada Heteroseks

“Pada pelaku perjalanan dengan kondisi demam, sebaiknya dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter yang bertugas pada pelabuhan, bandara, ataupun PLBDN tersebut,” tambahnya.

Desakan dari IDI menyusul pernyataan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang mendeklarasikan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan global. Selain itu, dalam beberapa hari terakhir mulai muncul temuan kasus kematian pada pasien cacar monyet di sejumlah negara luar Afrika seperti Brasil, Spanyol, dan India.

Adib juga meminta pemerintah berupaya meningkatkan kemampuan laboratorium jejaring dalam diagnostik molekuler spesimen pasien yang dicurigai menderita monkeypox sesuai rekomendasi WHO.

Selain itu, meningkatkan kemampuan dalam identifikasi kontak erat pada pasien suspek dan probable cacar monyet.

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Karier Harry Maguire di MU Sudah di Ujung Tanduk?

NUSADAILY.COM - MANCHESTER - Legenda Liverpool, Jamie Carragher beri kritik kepada Harry Maguire. Katanya, bek tengah itu sudah habis waktunya di Manchester United untuk...