Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsMetropolitanJamaah Asal Batam Ini Terharu Akhirnya Bisa Umroh Setelah 2 Tahun Ditunda...

Jamaah Asal Batam Ini Terharu Akhirnya Bisa Umroh Setelah 2 Tahun Ditunda Karena Pandemi

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Sebanyak 419 jemaah umroh RI di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur (Jaktim), diberangkatkan setelah dua tahun tertunda karena pandemi COVID-19. Suasana haru menyelimuti keberangkatan jemaah.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Seorang jemaah umroh asal Batam bernama Silvi (42) tampak terharu dan bahagia bisa berangkat ibadah ke Tanah Suci, Mekah. Mengenakan setelan gamis lengkap hijau, mata Silvi berkaca-kaca.

BACA JUGA: Bertemu Gubernur Makkah, Menag Sampaikan Kebijakan Penyiapan Jemaah Umrah Indonesia

Tangis haru mengiringi satu per satu jemaah yang mulai memasuki mobil menuju Bandara Soekarno-Hatta. Sebagian jemaah terlihat mendokumentasikan proses keberangkatan mereka. Beberapa jemaah melakukan selfie.

“Kami luar bisa semangat dan antusias karena memang sudah rindu banget. Kan umroh hampir dua tahun ini ditutup,” kata Silvi dikutip dari detikcom, Sabtu (8/1/2022).

Silvi mengaku mendaftarkan diri sebagai peserta umroh tahun lalu. “Saya setahun lalu daftar, tepatnya sekitar Maret 2021, satu bulan setelah ditutup,” ujarnya.

BACA JUGA: Arab Saudi Tutup Layanan Umroh, Biro Perjalanan di Kota Malang Tunda Pemberangkatan 300 Jamaah

Pemberangkatan haji di tengah pandemi COVID-19 memang menimbulkan kekhawatiran bagi Silvi. Dia memasrahkan semuanya dengan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes).

“Lillahita’ala, semua jemaah ditanya rata-rata lillahita’ala karena inshaallah, selain persiapan diri jaga kesehatan, juga jaga prokes tentu,” ucapnya.

BACA JUGA: Umroh Ditunda, Ini Kata Kemenag Kota Malang Soal Aturan Ibadah Haji

Masih di lokasi yang sama, Direktorat Jenderal Haji dan Umroh Kemenag Hilman Latief mengatakan keberangkatan jemaah umroh kali ini suatu hal yang patut disyukuri. Dia menyampaikan berangkatnya jemaah umroh Indonesia ke Arab Saudi berkat kerja sama diplomasi yang dilakukan kementerian dan lembaga terkait.

“Akhir 2021, kita ingat Arab Saudi membuka kembali kedatangan jemaah umroh dari Indonesia. Kesempatan baik ini kita sambut dengan melakukan kesiapan di dalam internal Kemenag, koordinasi antara kementerian/lembaga serta diplomasi dengan pemerintah Arab Saudi,” ujarnya saat melepas jemaah umroh.

BACA JUGA: Roro Fitria Ingin Punya 11 Anak, Suami Kaget

Hilman mengimbau jemaah selalu menerapkan prokes. Hilman mengatakan, setiba di sana, jemaah akan langsung dikarantina terlebih dahulu.

“Banyak sekali tahapan dalam suksesnya pemberangkatan umroh ini. Karena itu, saya memberikan pesan kepada jemaah umroh untuk tetap menaati aturan yang berlaku di Tanah Air dan Arab Saudi,” tuturnya.(eky)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily