Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaNewsMetropolitanAda 2 Kendaraan yang Bakal Dapat Pelat Nomor Putih Duluan, Apa Saja?

Ada 2 Kendaraan yang Bakal Dapat Pelat Nomor Putih Duluan, Apa Saja?

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Ada dua prioritas kendaraan yang bakal mendapatkan pelat nomor putih lebih dulu. Adalah kendaraan baru dan juga kendaraan yang mau memperpanjang STNK lima tahunan. Di luar itu, kendaraan masih diizinkan untuk digunakan sampai masa berlakunya habis.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Penerapannya juga bertahap, untuk kendaraan baru dan kendaraan yang masa berlaku TNKB-nya habis,” kata Kasubdit STNK Korlantas Polri Kombes Pol Taslim Chairuddin dilansir dari detikcom.

BACA JUGA: Siap-siap! Pelat Hitam Bakal Diganti Pelat Nomor Putih Mulai Juni 2022

Pelat nomor putih rencananya bakal diterapkan pada bulan depan (Juni 2022). Bagi pemilik pelat nomor hitam tidak perlu buru-buru mengganti karena belum resmi berlaku.

Aturan soal pelat nomor berwarna putih sendiri sudah tertuang dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor pasal 45 ayat 1 dengan rincian sebagai berikut.

(1) TNKB sebagaimana dimaksud dalam Pasal 44 ayat (1) berwarna dasar:
a. putih, tulisan hitam untuk Ranmor perseorangan, badan hukum, PNA dan Badan Internasional;
b. kuning, tulisan hitam untuk Ranmor umum;
c. merah, tulisan putih untuk Ranmor instansi pemerintah; dan
d. hijau, tulisan hitam untuk Ranmor di kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Catat! Ini Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan

NUSADAILY.COM - JAKARTA - WhatsApp akhirnya meluncurkan fitur yang sudah lama dinanti pengguna. Kini pengguna WhatsApp bisa meninggalkan grup tanpa ketahuan anggota grup lainnya. Fitur...