Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita KhususPemkot Pasuruan Hibahkan Aset Lahan Untuk Pembangunan Lapas Modern

Pemkot Pasuruan Hibahkan Aset Lahan Untuk Pembangunan Lapas Modern

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pasuruan menerima sertifikat hibah aset dari Pemkot Pasuruan berupa lahan untuk pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) terintegrasi.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Hibah aset ini sendiri didukung penuh oleh Menko Polhukam, Mahfud MD, beberapa waktu lalu saat kunjungan kerja di Kota Pasuruan.

Hibah yang dilakukan oleh pemkot kepada pihak lapas adalah untuk pembangunan gedung lapas kelas IIB yang memenuhi syarat. Pasalnya saat ini lapas Kota Pasuruan yang berkapasitas untuk tiga ratus warga binaan saat ini dihuni oleh delapan ratus tujuh puluh orang.

BACA JUGA: Wawali Mas Adi: Kejar Capaian Layanan Kesehatan Kota Pasuruan

Kelabihan kapasitas huni ini yang menyebabkan pembinaan di lapas kelas IIB Kota Pasuruan tidak maksimal.

Karenanya, Wali Kota Pasuruan, Saifulloh Yusuf (Gus Ipul), berinisiatif memberikan lahan yang merupakan aset pemkot yang berlokasi di Kelurahan Tapaan Kecamatan Bugul Kidul seluas 5 hektare dihibahkan kepada pihak lapas.

Wali Kota Pasuruan Gus Ipul mengatakan bahwa ke depannya nanti jika Lapas yang baru sudah digunakan, pembinaan yang dilakukan oleh Lapas bisa maksimal.

“Lapas kota yang sekarang itu sudah over kapasitas, maka dari itu pemkot menghibahkan lahan yang di Kelurahan Tapaan ini untuk pembangunan Lapas yang baru dengan kapasitas yang lebih,” terang Gus Ipul, seusai menyerahkan sertifikat hibah lahan kepada pihak lapas, Rabu (20/4/2022) malam.

BACA JUGA: Kemenkumham Dukung Pemerintah Daerah Relokasi Lapas Terintegrasi

Sementara Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kota Pasuruan, Yhoga Aditya Ruswanto, mengatakan bahwa setelah menerima hibah lahan akan secepatnya melakukan pematangan rencana pembangunan.

“Secepatnya dalam tahun ini bisa dilakukan pembangunan tahap awal, dan dalam waktu dekat kita matangkan dulu rencana pembangunannya dengan Kemenkumham,” terang Yhoga, Kalapas Kelas IIB Kota Pasuruan.

BACA JUGA: Bangkitkan Ekonomi, Kota Pasuruan Gelar Pameran UMKM dan Rintis Jazz Harmoni

Yhoga, juga mengatakan jika pembangunan lapas kelas IIB tersebut akan diberikan beberapa fasilitas keterampilan untuk warga binaan, dan juga akan dilengkapi dengan sistim Lapas modern.

Penyerahan sertifikat hibah aset pemkot guna pembangunan Lapas terintegrasi dilakukan di kantor Kecamatan Bugul Kidul, dan disaksikan oleh beberapa pejabat dari Forkopimda Kota Pasuruan. (oni/lna)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Tarif 4 Jalan Tol Ini Bakal Naik, Ada Tangerang-Merak hingga Pandaan-Malang

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Sebanyak empat jalan tol kelolaan PT Astra Infrastruktur bakal naik tarifnya dalam waktu dekat. Sebanyak empat ruas jalan tol tersebut...