Minggu, September 26, 2021
BerandaNewsJatimKaper BI Jatim: Percepat Eksekusi Anggaran, Kunci Recovery Ekonomi

Kaper BI Jatim: Percepat Eksekusi Anggaran, Kunci Recovery Ekonomi

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM- SURABAYA- Bank Indonesia perwakilan Provinsi Jawa Timur (BI Jatim), mensyaratkan tiga point penting yang harus dilakukan Pemerintah Daerah agar pemulihan ekonomi Jatim lebih baik dan cepat.

BACA JUGA: Bank Indonesia Bantah RI Menuju Resesi dan Saham Pizza Hut Terjun Bebas

Difi Ahmad Johansyah, Kepala Perwakilan (Kaper) BI Provinsi Jatim, merinci. Pertama, protokol kesehatan sudah harus built-in dalam setiap kegiatan ekonomi ke depan.

Terutama sektor Pariwisata. Karena Pariwisata ini menjadi faktor tertinggi yang mendorong pulihnya ekonomi Jatim.

Kedua, eksekusi anggaran dipercepat. Sehingga jika anggaran segera dikucurkan maka kegiatan pembangunan itu bisa menopang konsumsi masyarakat.

“Percepat realisasi anggaran, kegiatan pembangunan yang bergulir di masyarakat akan menghidupkan ekonomi konsumtif di masyarakat,” ujarnya.

Yang ketiga, pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terintegrasi. Dengan pengembangan itu tercipta one stop service bagi UMKM di Jatim.

Bahkan program kerja 2021 bisa mendorong perkembangan ekonomi kreatif yang sangat beragam di masyarakat.

“Untuk pemulihan ekonomi Jatim, BI, OJK dan Pemda akan all out,” ujarnya kepada induk imperiumdaily.com ini.

Usai menghadiri sosialisasi RKPD 2021 Pemprov Jatim, oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, menegaskan bahwa fundamental ekonomi Jatim masih cukup baik dibanding daerah lain.

Terakhir bahwa Bank Indonesia merekomendasi percepatan realisasi atau eksekusi anggaran baik pembangunan, bantuan sosial, hingga program kegiatan lainnya terutama pengembangan UMKM yang menjadi daya ungkit cukup besar di Jatim, semisal ekonomi kreatif anak muda.

Meski belum bisa diketahui nominal, angka pertumbuhan, dan jumlah persentase daya ungkit bagi pendapatan masyarakat Jatim, namun ke depan menjadi iconik di Jatim.

“Potensi ekonomi kreatif di Jatim cukup besar dan menyumbang kemajuan Jatim,” tegas Difi.(ima/cak)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...