Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaNewsJatimCurah Hujan Tinggi Ancam Tanaman Tembakau di Magetan

Curah Hujan Tinggi Ancam Tanaman Tembakau di Magetan

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Curah hujan belakangan ini di Kabupaten Magetan tinggi, hektaran tanaman tembakau petani di Desa Getasanyar Kecamatan Sidorejo terancam rusak. Air hujan membuat mutu daun tembakau jelang panen mejadi menurun dan rusak sehingga harga jual menjadi murah. Petani mengaku terancam merugi puluhan juta rupiah.

Seperri pada tanaman tembakau milik Kasdi 55 tahun warga Getasanyar ini. Akibat curah hujan tinggi membuat mutu daun tembakaunya terus menurun hingga terancam layu dan mati. Selain itu daun menjadi tipis akibat bulu bulu yang berfungsi sebagai perekat terbawa air hujan.

” Akibat curah hujan tinggi membuat daun menjadi tipis, bulu bulunya larut terbawa air hujan. Otomatis daun menjadi tipis dan kurang bagus, harga jual pun murah,” keluhnya kepada nusadaily.com, Selasa, (29/06/2021).

Bila hujan terus turun setiap hari, lanjutnya, tanaman tembakau lama lama bisa layu dan mati. Otomatis petani merugi puluhan juta rupiah.

” Harga tembakau saat ini hanya Rp.4000,- hingga Rp. 5000,- perkilogramya. Tidak sebanding dengan biaya garap dan biaya perawatan saat ini. Kami bisa untung bila harga tembakau di atas Rp .6000, -hingga Rp. 7000,- ungkapnya.

Petani tembakau di Magetan mengaku saat ini hanya bisa pasrah, mereka tidak bisa menyelamatkan tanamanya dari venomena cuaca hujan yang tidak disangka sangka ini. Petani hanya bisa berharap curah hujan masuk musim kemarau saat ini bisa normal.

Selama ini Kabupaten Magetan tercatat sebagai sentra tembakau di wilayah Jawa Timur. Tembakau varietas andong riwis yang biasa ditanam petani setempat ini dikirim ke sentra tembakau Kabupaten Temanggung dan Parakan dan diakui sebagai tembakau terbaik nomer dua di Indonesia. (nto/aka).

- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Gerakan Gempur Rokok Ilegal yang Digalakkan Bea Cukai Sasar Desa Olean

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Gerakan gempur rokok ilegal (GGRI) yang digalakkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Situbondo Bea Cukai Jember serta Kejari menyasar...