Pengamat: Belum Penuhi Syarat 20%, Rekomendasi Cabup Magetan dari PKB Masih Bisa Berubah

Meskipun Nanik saat ini mendapat rekomendasi, tetapi pendaftaran cabup-cawabup di PKB masih terbuka untuk calon lain.

May 14, 2024 - 20:29
Pengamat: Belum Penuhi Syarat 20%, Rekomendasi Cabup Magetan dari PKB Masih Bisa Berubah
Pengamat Politik milenial, Tsabbit Qolby Ala Diinika. Nusadaily/ Riyanto.

Magetan, Nusadaily.com - Pengamat Politik milenial, Tsabbit Qolby Ala Diinika, angkat bicara soal surat rekomendasi pertama dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk pencalonan Nanik Endang Rusminiarti sebagai bupati. Surat tersebut baru langkah awal partai dan belum menjamin posisi Nanik sebagai calon final.

"Surat rekomendasi pertama ini hanya sebagai dorongan bagi bu Nanik untuk berkampanye dan mensosialisasikan diri kepada masyarakat," kata Qolby, Selasa (14/05/2024).

Meskipun Nanik saat ini mendapat rekomendasi, lanjutnya, pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati (cabup-cawabup) di PKB masih terbuka untuk calon lain.

"Artinya semua pendaftar akan mendapatkan surat delegasi sebagai cabup dan cawabup jika memenuhi syarat 20% dari jumlah kursi di DPRD," ujarnya.

Qolby menegaskan bahwa rekomendasi PKB biasanya berupa pasangan calon, bukan hanya cabup saja. Selanjutnya pasangan ini akan didaftarkan ke KPU. 

"Jadi bu Nanik masih harus mencari cawabupnya. Jadi dinamika internal partai dan koalisi masih perlu dipertimbangkan," imbuhnya.

"Bu Nanik mungkin diberi waktu mencari cawabup. Jika tidak, PKB akan mengambil langkah selanjutnya," jelasnya.

Menurutnya ini terburu-buru menyebut rekomendasi ini "final" tidak tepat. "Perlu dijaga rasa hormat terhadap bakal calon lain yang sudah mendaftar lewat PKB," ujarnya.

Qolby juga mengkritik pendekatan berbasis individu dalam pencalonan. Pendekatan ini menjauhkan asosiasi antara identitas dan kepentingan. Dalam hal ini ia menekankan pentingnya memperbanyak silaturahim antar partai untuk mencari solusi terbaik.

"Jika saya simpulkan, rekomendasi PKB untuk Nanik Endang Rusminiarti sebagai cabup belum final. Selain itu Pendaftaran cabup dan cawabup di PKB masih terbuka, belum ditutup," pungkasnya. (nto).