Suksesi Pilkada 2024, KPU Sidoarjo Gelar Lomba Maskot dan Jingle Berhadiah Rp 70 Juta

"Maskot dan jingle sebagai pemenang akan digunakan kebutuhan sosialisasi dalam penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Sidoarjo tahun 2024,” kata M. Iskak, Ketua KPU Sidoarjo.

May 14, 2024 - 07:08
Suksesi Pilkada 2024,  KPU Sidoarjo Gelar Lomba Maskot dan Jingle Berhadiah Rp 70 Juta
Pilkada serentak tahun 2024.

 NUSADAILY.COM – SIDOARJO: Langkah mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo menyelenggarakan lomba desain maskot dan jingle. Lomba berlaku bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum ini berhadiah total sebasar Rp 70 juta dengan tema; “Suara Kita, Masa Depan Sidoarjo”.

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, Mukhammad Iskak SE mengatakan, tujuan pembuatan maskot maupun jingle dari hasil kegiatan lomba ini sebagai salah satu strategis yang dilakukan pihaknya dalam melaksanakan sosialisasi atas pelaksanaan Pilkada Sidoarjo 2024.

“Kegiatan ini untuk membantu  memperkenalkan kegiatan pesta demokrasi dengan menampilkan karakter daerah yang dapat memberikan kesan baik kepada masyarakat dalam mendukung suksesnya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 27 Nopember 2024 mendatang,” kata Iskak, pada Selasa (14/5) pagi tadi.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa desain maskot dan jingle yang dilombakan itu memang dirancang untuk mendukung dan memberikan citra positif terhadap pelaksanaan Pilkada Sidoarjo, baik bagi penyelenggara, peserta pemilu maupun masyarakat Sidoarjo. “Sesuai temanya; Suara Kita, Masa Depan Sidoarjo, kita berharap penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun ini berjalan baik. Baik bagi penyelenggara dan para kontestan maupun masyarakat Sidoarjo,” ujarnya.

Ketua KPU Sidoarjo, M. Iskak.

Sehingga dalam salah satu syarat ketentuan bahwa maskot maupun jingle yang diikutsertakan dalam lomba harus mencerminkan sifat ramah, non partisan, dinamis, menghibur dan mengundang motivasi bagi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2024.

“Maskot dan jingle sebagai pemenang tentunya menjadi hak  milik KPU dan akan digunakan kebutuhan sosialisasi dalam penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun ini,” kata Iskak.

Kegiatan lomba desain maskot dan jingle ini dimulai pada 14 Mei 2024, dan diumumkan pemenangnya pada 31 Mei 2024,--namun peserta terakhir mengirim hasil karya terbaiknya pada 28 Mei 2024 yang langsung diantar ke panitia di kantor KPU Sidoarjo di Jl. Cemengkalang No. 1 Sidoarjo.

Peserta lomba ini berlaku bagi pelajar, mahasiswa maupun masyarakat umum, terkecuali anggota KPU Sidoarjo dan panitia. “Peserta tidak dipungut biaya alias gratis. Hadiah total untuk lomba maskot maupun jingle sebesar Rp 70 juta,” tegas Iskak. “Pajak tentunya ditanggung para pemenang,” tambahnya.

Untuk keterangan lebih lanjut, masyarakat (peserta) bisa melalui website; kab-sidoarjo.kpu.go.id dan atau media sosial resmi KPU Kabupaten Sidoarjo. Di antaranya, facebook; KPUKABSIDOARJO,  instagram; kpu_sidoarjo dan twitter; kpukabsidoarjo maupun channel youtube; KPU Sidoarjo. (*/ful)