Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina Daftar Jadi Cagub Maluku ke PPP

Saat tiba, ia langsung disambut Sekretaris PPP Maluku Rofik Akbar Afifudin dan sejumlah kader partai. Jenderal bintang satu itu lantas dipasangi kopiah hitam sebagai bentuk penghormatan kepada seluruh bakal calon gubernur yang mendaftar di PPP.

May 12, 2024 - 07:22
Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina Daftar Jadi Cagub Maluku ke PPP

NUSADAILY.COM – MALUKU - Keseriusan jenderal aktif di tubuh TNI AL terlihat saat pengembalian formulir pendaftaran agar dirinya bisa diusung PPP untuk bertarung di Pilgub Maluku November mendatang.

Adalah Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI Marinir Said Latuconsina mendaftar menjadi bakal calon gubernur (cagub) Maluku ke PPP, Sabtu (11/5) petang.

Said Latuconsina mendatangi markas besar Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kawasan Permi, Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku sekitar pukul 17.00 WIT.

Saat tiba, ia langsung disambut Sekretaris PPP Maluku Rofik Akbar Afifudin dan sejumlah kader partai. Jenderal bintang satu itu lantas dipasangi kopiah hitam sebagai bentuk penghormatan kepada seluruh bakal calon gubernur yang mendaftar di PPP.

Usai penyerahan berkas, Said mengatakan dirinya memilih hubungan sangat baik dengan partai berlambang Ka'bah tersebut mulai dari daerah hingga pusat.

Tak hanya itu, ia mengaku komunikasi dia dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono terjalin cukup baik setelah sempat membicarakan kondisi Maluku lima tahun terakhir dan lima tahun ke depan. Ia mengklaim komunikasi baik itu terjalin selain karena visi, juga sama-sama memiliki latar belakang prajurit TNI.

"Saya punya hubungan baik dengan PPP mulai dari Daerah hingga pusat cukup baik, kita membangun komunikasi selama ini dengan hati dan banyak permasalah sudah didiskusikan soal kondisi Maluku ke depan," ujarnya usai menyerahkan formulir pendaftaran cagub Maluku di Kantor PPP, Sabtu (11/5) petang.

Saat ini, kata dia, kondisi Maluku selama lima tahun terakhir belum begitu membaik sehingga masyarakat pun resah terkait minimnya tingkat kesejahteraan karena Maluku memiliki sejumlah kekurangan. Untuk itu, ia berjanji akan memperbaiki keluhan masyarakat terkait kondisi kesejahteraan yang belum merata.

"Kita berharap ke depan Maluku harus lebih baik dari lima tahun terakhir, sehingga harapan masyarakat terkait kekurangan kesejahteraan Maluku pada periode lima tahun terakhir bisa diperbaiki pada periode lima tahun yang akan datang. Saya mau membangun Maluku lebih sejahtera,"imbuh dia.

Menurut Said 1,8 juta penduduk Maluku sangat menitip harapan kepada sosok pemimpin Maluku yang amanah sehingga masyarakat bisa hidup sejahtera, bisa makmur dan bisa mandiri.

Atas dasar itu, ia berjanji akan menjadikan Maluku sebagai provinsi yang bermartabat dan berkeadilan agar Maluku bisa sejajar dengan provinsi lain di Indonesia. Ia mengklaim sudah mengantongi lima partai besar di Maluku untuk menjadi kendaraan politik untuk bertarung di Pilkada Maluku pada November mendatang.

Ia berharap partai PPP bisa memberikan rekomendasi untuk maju di Pilgub Maluku sehingga bisa memperbaiki memperbaiki Maluku yang tertinggal.

Sejauh ini, ada dua mantan Jenderal sudah mendaftar di sejumlah partai politik untuk bertarung di Pilgub Maluku 2024. Mereka masing-masing mantan Komandan Korp Brigade Mobil (Brimob) Polri Irjen Pol (purn) Murad Ismail sang petahana Gubernur Maluku dan mantan Pangdam XVI/ Pattimura Letnan Jenderal (Purn) Jefrri Apoly Rahawarin.(han)