Soal Penetapan UMK 2021, Disnaker Kabupaten Blitar: Kita Belum Terima Salinan Resmi

  • Whatsapp
Soal penetapan UMK 2021
Kepala Disnaker Kabupaten Blitar, Haris Susianto.
banner 468x60

NUSADAILY.COM-BLITAR- Soal penetapan Upah Minimum Kabupaten/ Kota atau UMK tahun 2021, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar mengaku belum menerima salinan resmi. Sehingga sampai saat ini belum memberikan informasi adanya kenaikan kepada pengusaha maupun pekerja.

BACA JUGA: Soal Persiapan PTM 2021, Dewan Blitar Akan Panggil Dinas Pendidikan – Imperiumdaily.com

Baca Juga

BACA JUGA: Akhir November 2020, Ada Desa di Blitar Belum Cairkan ADD

Kepada Nusadaily.com, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, Haris Susianto mengatakan, Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Jawa Timur tahun 2021 sudah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Timur melalui keputusan nomor 538. Diakuinya hingga kini salinan resminya belum ada, namun sudah beredar di media sosial.

“Dimedia sosial sudah banyak beredar terkait kenaikan UMK tahun 2021, termasuk untuk Kabupaten Blitar. Namun sampai saat ini kita belum menerima salinan resminya,” ujarnya soal penetapan UMK 2021, Kamis 26 November 2020.

Melihat dikeputusan, kata Haris, ada kenaikan UMK untuk Kabupaten Blitar sekitar Rp 50 ribu. Dari Rp 1.954.705 menjadi Rp 2.004.705. Saat ini pihaknya menunggu sosialisasi dari provinsi, kemudian baru meneruskan melalui sosialisasi ditingkat kabupaten kepada perwakilan pengusaha dan serikat pekerja, termasuk dewan pengupah.

“Kalau kenaikan UMK atau upah minimum tahun 2021 sudah melalui beberapa pertimbangan, di antaranya yang saat ini masih terjadi, yakni adanya pandemi Covid-19. Kemudian terkait laju inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang ada dimasyarakat,” jelasnya.

Haris berharap, dengan adanya kenaikan UMK, membantu pekerja yang tengah mengalami kesulitan ditengah wabah virus corona. Sehingga ekonomi mereka berjalan dengan baik dan stabil.

“Nah, terkait ada tidaknya penangguhan UMK juga belum mengetahui. Nantinya akan ditanyakan ke provinsi saat sosialisasi, tentang bagaimana jika ada usulan penangguhan,” imbuhnya.(tan/cak)

Post Terkait

banner 468x60