Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaInternationalSri Lanka Bangkrut-Krisis BBM, Mobil Buatan Indonesia Ini Kesulitan Isi Bensin

Sri Lanka Bangkrut-Krisis BBM, Mobil Buatan Indonesia Ini Kesulitan Isi Bensin

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Sri Lanka menyatakan telah ambruk setelah berbulan-bulan mengalami krisis. Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe menyatakan negaranya kolaps. Hal ini berpengaruh pada industri otomotif dan kebutuhan angkutan di negara tersebut.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sri Lanka sudah lama mengalami krisis makanan, listrik hingga bahan bakar. Wickremesinghe menyebut, negaranya sudah tidak bisa membeli bahan bakar lagi.

“Ekonomi kita benar-benar runtuh,” katanya dikutip AP, Kamis (23/6/2022.

BACA JUGA: Krisis Ekonomi Berdampak Krisis Obat, Pasien di Sri Lanka Sekarat

Krisis di pulau berpenduduk 22 juta ini dianggap yang terburuk. Ekonomi Sri Lanka kandas di bawah beban utang yang besar, kehilangan pendapatan pariwisata dan efek lain dari pandemi, serta melonjaknya biaya komoditas. Hasilnya adalah negara itu ambruk menuju kebangkrutan, dengan hampir tidak ada uang untuk mengimpor bahan bakar.

Wickremesinghe mengatakan Sri Lanka tidak dapat membeli bahan bakar impor karena utang yang besar dari perusahaan minyaknya. Dia menyampaikan kepada parlemen bahwa perusahaan migas Sri Lanka, Ceylon Petroleum Corporation memiliki utang $700 juta.

“Akibatnya, tidak ada negara atau organisasi di dunia yang mau menyediakan bahan bakar untuk kami. Mereka bahkan enggan menyediakan bahan bakar,” ujarnya.

Sejak beberapa bulan lalu, warga Sri Lanka antre panjang di tempat pengisian bahan bakar. Di Ibu Kota Sri Lanka, Kolombo antrean tersebut tak dapat terhindarkan lagi. Untuk bisa mengisi BBM, pengendara di Sri Lanka harus menunggu lebih dari enam jam.

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Dampak Krisis Energi Juga Berimbas Pada Olahraga

NUSADAILY.COM – WINA – krisis energi dan kenaikan harga listrik yang signifikan awal September di Wina dan Austria Hilir, kenaikan besar-besaran harga di...