Minggu, September 25, 2022
BerandaInternationalNASA: Tercatat Lebih dari 5000 Planet Baru Ditemukan

NASA: Tercatat Lebih dari 5000 Planet Baru Ditemukan

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) mengatakan bahwa Arsip Exoplanet menerima 65 anggota baru, dan jumlah total planet ekstrasurya yang ditemukan oleh manusia telah melampaui angka 5.000.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA: Teleskop James Webb NASA Akan Mulai Jelajahi Luar Angkasa

Jesse Christensen, seorang ilmuwan di NASA Exoplanet Archive Institute of Science di Caltech, mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Masing-masing dari mereka adalah dunia baru, Ini semua adalah planet yang sama sekali baru. masing-masing karena kita tidak tahu apa-apa tentang mereka.”

Lebih dari 5.000 planet yang ditemukan sejauh ini termasuk planet raksasa gas yang berkali-kali lebih besar dari Jupiter, “Hot Jupiter” yang mengorbit sangat dekat dengan bintangnya. Ada “Bumi super”, planet berbatu yang lebih besar dari Bumi, dan “Neptunus mini”, versi Neptunus yang lebih kecil.

BACA JUGA: NASA Temukan Bunga di Mars

Selain itu, para ilmuwan telah menemukan planet yang mengorbit lebih dari satu bintang, dan bahkan ada beberapa “keras kepala” mengorbit sisa-sisa “bintang mati” yang dikenal sebagai katai putih.

Melansir dari XinHua, sejauh ini, 30% adalah raksasa gas, 31% adalah Super-Earth, dan 35% mirip Neptunus. Hanya 4% yang merupakan planet terestrial atau berbatu dengan massa yang mirip dengan planet seperti Bumi atau Mars.

BACA JUGA: NASA: Stasiun Luar Angkasa Internasional Jatuh ke Bumi Tahun 2031

Selama 30 tahun terakhir, jumlah ini telah meledak. Alexander Walshzan, seorang profesor di University of Pennsylvania, percaya bahwa apa yang dilakukan manusia sekarang bukan hanya menambahkan planet baru ke dalam daftar, tetapi membuka era penemuan dunia baru.

Hasil penelitian baru menandai konfirmasi dari 5.005 exoplanet, masing-masing dengan karakteristik uniknya sendiri, sebuah tonggak penting dalam menjelajahi alam semesta.

BACA JUGA: Ungkap Misteri Alien, NASA Gandeng Ahli Agama

Setiap exoplanet yang ditemukan sekarang dilaporkan telah muncul dalam studi peer-review, dan para ilmuwan telah mengamatinya menggunakan berbagai teknik deteksi atau analitis.

Penggunaan instrumen baru, seperti Teleskop Luar Angkasa James Webb yang baru-baru ini diluncurkan dan Teleskop Luar Angkasa Nancy Grace Roman yang akan datang, dapat memberikan banyak informasi untuk studi lanjutan guna mempelajari lebih lanjut tentang “dunia baru” ini.(nd3/lna)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

KemenPPPA Ajak Masyarakat Berani Bicara Kekerasan Seksual

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) menggelar jalan sehat di kawasan Bundaran HI, Jakarta, pagi ini. Menteri PPPA Bintang...