Kamis, Mei 26, 2022
BerandaInternationalGawat! 39 Jet Tempur dan Bomber China Serbu Taiwan

Gawat! 39 Jet Tempur dan Bomber China Serbu Taiwan

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Negeri tirai bamboo China, mengirimkan 39 pesawat tempur ke zona pertahanan udara (ADIZ) Taiwan, Minggu (23/1/2022). Ini merupakan serangan harian terbesar sejak Oktober 2021, 56 pesawat tempur.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kementerian Taiwan mengatakan menyiarkan peringatan dan mengerahkan rudal untuk melacak jet-jet tersebut. Diyakini China mengirimkan jet tempur canggih J-16 hingga bomber nuklir H-6.

BACA JUGA: Duh! Amerika Serikat Setop 44 Penerbangan ke China, Ada Apa?

“Serangan hari Minggu dilakukan oleh 24 jet tempur J-16, 10 jet tempur J-10, dua pesawat angkut Y-9, dua pesawat peringatan anti-kapal selam Y-8, dan satu pembom H-6 berkemampuan nuklir,” kata Kementerian Pertahanan Taiwan dimuat CNN, Senin (24/1/2022).

BACA JUGA: Pemerintah Larang Ekspor Batu Bara, Bagaimana Nasib China?

China menganggap Taiwan bagian dari provinsinya. Sementara pulau itu menganggap diri sebagai negara merdeka.

Tekanan China makin kuat di 2021. Akhir tahun ini, Presiden Xi Jinping bahkan menyerukan “penyatuan tanah air lengkap” antara China dan Taiwan.

“Saya sangat berharap bahwa semua putra dan putri bangsa China akan bergabung untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi bangsa kita,” katanya.

BACA JUGA: Xi Jinping ‘Kebiri’ Konglomerat China, Kenapa ya ?

Juli 2021, saat peringatan 100 tahun Partai Komunis, Xi juga menegaskan kemerdekaan Taiwan adalah hal yang harus dihindari dan dilawan habis-habisan.

BACA JUGA: Aktor Cilik Matthew White Meninggal Dunia di Usia 12 Tahun

“Semua putra dan putri China, termasuk rekan senegaranya di kedua sisi Selat Taiwan, harus bekerja sama dan bergerak maju dalam solidaritas, dengan tegas menghancurkan plot ‘kemerdekaan Taiwan’,” katanya.

Amerika Serikat (AS) sendiri mengambil posisi membela Taiwan dalam masalah ini. Negeri itu menyuplai senjata ke Taiwan meski belum secara resmi mengakui negeri itu.(han)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Pernikahan Ketua MK dan Adik Jokowi, Resepsi Gunakan Busana Adat Jawa

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Dalam pesta pernikahannya, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dengan adik Presiden Joko Widodo, Idayati, bakal mengenakan busana yang khusus didesain...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily