Kamis, Juni 30, 2022
BerandaHeadlinePemerintah Arab Saudi Siap Terima Jemaah Haji Indonesia Tahun Ini

Pemerintah Arab Saudi Siap Terima Jemaah Haji Indonesia Tahun Ini

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi menyempatkan diri untuk bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Al-Rabiah. Minggu (20/3/2022). Pertemuan yang berlangsung di Kantor Kementerian Haji dan Umrah Jeddah, menag mendapat penjelasan tentang haji.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Saya kemarin bertemu Menteri Haji dan Umrah Saudi, saya mendapat penjelasan bahwa akan ada pemberangkatan jemaah haji tahun ini dari luar Saudi,” terang Menag di Jeddah, Senin (21/3/2022).

Menag menjelaskan, dalam pertemuan itu dirinya juga mendiskusikan kemungkinan jumlah kuota haji yang ideal untuk jemaah Indonesia.”Saya sampaikan bahwa mungkin kuota haji tahun ini belum normal karena pandemi, namun saya berharap Indonesia dapat alokasi ideal,” jelas Menag.

Menag menegaskan, jika Indonesia siap melaksanakan haji. Dan dia memohon agar pihak pemerintah Arab Saudi segera memberikan kepastian kuota untuk Indonesia.

Arab Saudi Terus Lakukan Persiapan

Sementara itu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan bahwa pihaknya juga terus melakukan persiapan. Hal itu dilakukan karena pemerintah Arab Saudi tahun ini akan membuka kesempatan jemaah luar Saudi untuk beribadah haji. Apalagi, saat ini, jemaah umrah dari berbagai negara juga sudah ramai berdatangan dan semua berjalan lancar.

Adapun terkait kuota, jelasnya, hal itu menurutnya bukan keputusan Kementerian Haji dan Umrah saja. Proses pengambilan keputusan tentang kuota, harus melibatkan instansi terkait lainnya di Kerajaan Arab Saudi.

Tawfiq F. Al-Rabiah juga menjelaskan bahwa jumlah kuota tidak akan sama seperti sebelum pandemi. Namun, Arab Saudi tahun ini siap menerima jemaah haji luar negeri dan persiapan terus dilakukan.

Perlu diketahui, kepastian terkait kuota haji ditunggu oleh semua negara pengirim jemaah, tidak hanya Indonesia. Selain Menag Yaqut, sejumlah menteri agama dari berbagai negara juga telah bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi untuk menanyakan hal yang sama, yaitu kuota. Di antara mereka adalah Menteri Hal Ehwal Ugama Malaysia, Menteri Agama Turki, Qatar, Tunisia, Etopia, Bangladesh, Mesir, Irak, Uni Emirat Arab, dan negara lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Menag didampingi oleh Dubes RI di Saudi Abdul Aziz, Konjen RI di Jeddah Eko Hartono, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief, Staf Khusus Menag Wibowo Prasetyo dan Ishfah Abidal Aziz, Direktur Layanan Haji Luar Negeri Subhan Cholid, dan Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali.(sir/aka)

BERITA KHUSUS

Kabar Gembira! Internet Gratis Masuk RW, Wali Kota Pasuruan: Ada 68 Titik

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – Warga Kota Pasuruan kini semakin dimanjakan dengan layanan internet gratis. Tidak hanya sebatas pada ruang publik, seperti taman-taman kota,...

BERITA TERBARU

Deddy Corbuzier & Raffi Ahmad Batal Naik Haji, Ini Penjelasan Gus Miftah

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Gus Miftah beberapa waktu lalu menjelaskan tentang adanya undangan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Gus Miftah juga berencana membawa...