Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaFoodShirataki Layak Masuk dalam Menu Diet Harian, Ini Alasannya

Shirataki Layak Masuk dalam Menu Diet Harian, Ini Alasannya

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Banyak orang beralih dari nasi putih ke shirataki untuk menurunkan berat badan. Benarkah shirataki rendah kalori?

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sebagaimana dilansir Healthline, shirataki berarti air terjun putih dalam bahasa Jepang. Istilah ini memang mewakili tampilan shirataki yang berwarna putih nyaris bening.

BACA JUGA: Hati-hati! Diet Yoyo Meningkatkan Risiko Serangan Jantung dan Diabetes

Shirataki memiliki kalori sebanyak 10 gram, lemak 0 gram, garam 0 gram, karbohidrat 3 gram, serat 3 gram, gula 0 gram, dan protein 0 gram.

Melihat kandungan nutrisinya, Anda pasti berpikir dua kali untuk menjadikannya bahan pangan selama diet. Selain rendah kalori, berikut beberapa alasan shirataki layak masuk dalam diet harian.

BACA JUGA: Tips Diet Ala Inul Daratista, Berat Badan Berhasil Turun 30 Kg

1. Kenyang Lebih Lama

Konsumsi shirataki menjamin Anda jadi tidak cepat merasa lapar sehingga mampu mencegah makan berlebihan (overeating). Dibanding konsumsi nasi putih, shirataki akan memberikan rasa kenyang lebih lama karena tinggi serat.

Shirataki mengandung jenis serat yang disebut glukomanan. Dari satu porsi shirataki memiliki tiga persen glukomanan dan 97 persen air.

Glukomanan merupakan tipe serat larut air yang bisa menyerap air dan membentuk gel. Shirataki pun akan dicerna perlahan di usus, proses penyerapan nutrisi berlangsung bertahap sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

BACA JUGA: Mengenal Diet 1975, Cara Diet Orang Jepang yang Bikin Langsing dan Panjang Umur

2. Baik untuk Pencernaan

Glukomanan berfungsi sebagai prebiotik. Prebiotik membantu memelihara bakteri atau flora alami usus. Jika pencernaan sehat maka fungsi penyerapan nutrisi makanan berlangsung baik.

Anda pun akan terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit dan diare.

BACA JUGA: Berat Badan Dinar Candy Naik, Diet Herbal Tolak Sedot Lemak

3. Aman untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes sangat disarankan untuk membatasi asupan karbohidrat sederhana termasuk nasi putih. Shirataki bisa menjadi pilihan sumber karbohidrat selain kentang, ubi dan beras merah.

Karena indeks glikemiknya rendah, penderita diabetes aman mengonsumsi nasi atau mi shirataki.(mic)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Ojo Dibandingke Lagunya Dinyanyikan di Istana Merdeka, Abah Lala: Bangga, Alhamdulillah

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Lagu dangdut berjudul Ojo Dibandingke dinyanyikan di Istana Merdeka dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Lagu tersebut dibawakan oleh...