‘Kontol Kejepit’ Jajanan Khas Bantul Rasanya Manis dan Empuk

  • Whatsapp
Tolpit
Foto: detikcom/Pradito Rida Pertana
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Tolpit, atau ‘Kontol Kejepit’ adalah jajanan khas Bantul, yang memiliki rasa manis dan empuk. Walaupun namanya jorok, namun rasanya tak usah ditanyakan.

Ternyata ada banyak makanan Indonesia yang memiliki nama jorok. Seperti ‘Kontol Kejepit’ atau sering disingkat ‘Tolpit’. Makanan ini merupakan jajanan khas Bantul, DIY yang rasanya manis legit. Walaupun namanya jorok, namun makanan ini selalu dicari orang.

BACA JUGA: Gurita Saos Blackpaper D’juan Chixxx, Harga Kaki Lima, Rasa Bintang Lima Nusadaily.com

Beragam makanan lezat di Indonesia ada yang memiliki nama unik, bahkan terkesan jorok. Seperti makanan khas Bantul, Jawa Tengah yang bernama m’Kontol Kejepit’ atau sering disebut ‘Tolpit’.

Makanan ini merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari adonan tepung cair (encer) yang rasanya manis legit, lalu digoreng. Saat proses penggorengan, Tolpit ini mengembang, kemudian dijepit menggunakan sumpit. Karena proses pembuatannya inilah mengapa dinamakan ‘Kontol Kejepit’.

BACA JUGA: Resep Tumis Jantung Pisang, Kaya Nutrisi dan Mudah Dibuat – Noktahmerah.com

Namun, menurut seorang penjual ‘Kontol Kejepit’ di Bantul bernama Mardinem kini nama jajanan ini telah berubah. Sekarang jajanan ini dikenal dengan nama kue adrem.

“Saya juga kurang begitu tahu karena itu jenis makanan Bantul ya, dan orang kuno kasih nama gitu. Tapi nama sekarang diberi nama kue adrem,” kata Mardinem.(han)