Selasa, Desember 7, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaFoodJangan Dibuang! Kulit Bawang Simpan Banyak Manfaat

Jangan Dibuang! Kulit Bawang Simpan Banyak Manfaat

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Bawang putih dan bawang bombay merupakan salah dua bumbu dapur yang tidak pernah luput dari rutinitas memasak.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Biasanya orang mengupas bawang sebelum diolah dan membuang kulitnya. Namun apakah Anda tahu bahwa kulit bawang juga memiliki banyak manfaat?

BACA JUGA: Jangan dibuang! Berikut 5 Olahan Pisang Hampir Busuk yang Lezat

Dari penampakannya kulit bawang memang tampak kotor dan tidak menggugah selera. Teksturnya yang menyerupai kertas memang sulit untuk dikunyah dan seringkali membuat tersedak.

Tapi, tekstur tersebut tercipta karena kulit bawang kayak akan kandungan selulosa dan banyak nutrisi lainnya. Kulit bawang putih juga mengandung vitamin A dan C, serta kaya akan antioksidan fenilpropanoid anti-inflamasi.

Penelitian juga menemukan bahwa kulit bawang putih memiliki sifat antimikroba yang kuat, seperti dilansir dari laman MindBodyGreen.

BACA JUGA: Jangan dibuang! Manfaatkan Tempe Busuk Menjadi 3 Menu Berikut

Mengupas bawang putih sebetulnya sama seperti menghilangkan antioksidan fenilpropanoid yang melindungi jantung dan membantu melawan proses penuaan serta membantu meningkatkan kekebalan dan menurunkan kolesterol.

Tidak hanya itu, kulit bawang juga memiliki khasiat luar biasa untuk membuat kulit menjadi awet muda dan lebih kenyal.

Dokter kulit bersertifikat triple board Mamina Turegano, M.D., dan ibunya yang berusia 72 tahun mengatakan bahwa mereka bisa memiliki kulit yang kenyal dan tampak awet muda berkat teh kulit bawang.

Sebuah penelitian membenarkan hal ini dan menjelaskan bahwa Quercetin dalam kulit bawang membantu melawan peradangan dan radikal bebas. Dua hal yang dapat menyebabkan penuaan serta garis-garis halus. Quercetin juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

BACA JUGA: Resep Bomboloni Nutella, Si Donat Buntu dari Italia

Meskipun kulit bawang apa pun bisa digunakan, bawang merah juga mengandung antosianin tingkat tinggi, pigmen bermanfaat yang juga anti-inflamasi dan antimikroba, dan dengan demikian dapat berkontribusi untuk mendapatkan kulit sehat yang bercahaya.

Kulit bawang yang diolah menjadi teh juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini disebabkan karena kandungan triptofan dalam teh kulit bawang dapat berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih baik.

Jika Anda menggabungkan kulit bawang dengan teh herbal lain yang menenangkan, seperti chamomile, Anda mungkin dapat benar-benar mengoptimalkannya sebagai alat untuk membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily