Gus Baha Sebut Syarat Jadi Wali yang Paling Berat Adalah Ini

  • Whatsapp
ibunda gus baha
Gus Baha (kanan) dan Ibundanya Nyai Hj. Yuhanidz Nursalim
banner 468x60

bergurau bahwa dirinya adalah wali. “Aku iki wali,” begitu beliau sering mengucap sambil tersenyum.

Baca Juga

Lalu ada juga pendapat yang mengatakan tidak ada yang mengetahui kewalian seseorang kecuali wali itu sendiri. Ungkapan semacam ini sangat masyhur di pondok-pondok pesantren salaf. Hal ini menunjukkan betapa istimewanya kedudukan seorang wali sehingga tidak sembarang orang mengetahui jika orang tersebut adalah wali.

Memang ada banyak keistimewaan para wali. Yang mana antara yang satu dengan yang lain barangkali berbeda dalam penampilan dalam aktivitas ibadah atau aktivitas yang lain. Tetapi yang namanya wali tetap punya keistimewaan di hadapan Allah SWT.

Dan yang sering disebutkan, meski wali itu memang berbeda-beda, salah satu ciri khusus yang banyak dijumpai adalah seorang wali tidak punya rasa takut selain kepada Allah.

Dalam pengajiannya bersama Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Youtube, Gus Baha juga sempat menyinggung syarat terberat menjadi seorang wali. Apa itu? Menurut beliau, syarat terberat menjadi wali adalah selalu bersikap baik kepada orang yang tidak baik kepada dirinya.

Hal ini dinilai berat karena umumnya manusia akan berbuat baik kepada yang berbuat baik kepada dirinya. Dia akan berbuat buruk jika orang berbuat buruk kepada dirinya. Menurutnya, kalau bisa berbuat kepada yang berbuat buruk kepada kita itu baru luar biasa. “Itu syarat jadi wali yang paling berat,” ungkapnya. (aka)

Post Terkait

banner 468x60