Bupati Banjarnegara: Dawet Ayu Masuk Nominasi API 2020

  • Whatsapp
nominasi API 2020
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono memamerkan minuman dawet ayu khas wilayah setempat (ANTARA/HO - Humas Pemkab Banjarnegara)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – Banjarnegara – Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah Budhi Sarwono menginformasikan bahwa minuman khas wilayah ini yaitu dawet ayu masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020.

“Dawet Ayu Banjarnegara masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020 untuk kategori minuman tradisional populer, kami sangat menyambut baik hal ini,” katanya di Banjarnegara, Kamis.

"
"

Baca Juga

"
"

Bupati menambahkan, dalam ajang bergengsi yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu, dawet ayu Banjarnegara bersaing dengan sembilan nomine dari seluruh nusantara.

BACA JUGA: Dirut Pelindo III: Raihan Paritrana Award Sebagai Amanah BUMN

Bupati juga mengatakan dawet ayu yang terbuat dari bahan alami seperti tepung beras, tepung tapioka, santan, kelapa dan gula aren tersebut merupakan salah satu minuman tradisional asli Banjarnegara.

“Kami berharap dawet ayu bisa menang, perjuangan kita sudah lama untuk mematenkan dan mengharumkan dawet ayu ini. Ini minuman asli tradisi leluhur Banjarnegara,” katanya.

Bupati menambahkan bahwa dawet ayu selama ini juga telah menjadi salah satu ikon pariwisata Banjarnegara.

“Dawet ayu ini menjadi ikon wisata kuliner atau minuman khas Banjarnegara. Sehingga penting untuk terus disosialisasikan baik secara konvensional maupun secara digital dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yang ada pada saat ini,” katanya.

Sementara itu, bupati juga mengajak masyarakat untuk dapat mendukung dawet ayu menjadi minuman tradisional terpopuler API 2020 dengan cara mengirimkan SMS ketik API spasi 2F kirim ke 99386.

BACA JUGA: KKP Gandeng IIPC Sasar Investor Dari Amerika Dan Australia

Dukungan dapat dilkukan mulai tanggal 1 Agustus 2020 hingga 31 Desember 2020 mendatang.

“Dawet ayu pada usianya yang cukup matang terpilih menjadi nominasi API 2020 maka mari bersama-sama memberikan dukungan,” katanya.

Bupati berharap dengan banyaknya dukungan maka dawet ayu bisa menang dan makin terkenal di tengah masyarakat.

“Kami optimistis bahwa dawet ayu bisa memenangkan anugerah ini, tentunya kami mengajak seluruh warga Banjarnegara dan masyarakat dari berbagai wilayah lainnya untuk memberi dukungan,” katanya.

Sementara itu Anugerah Pesona Indonesia merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.(ian)

Post Terkait

banner 468x60