Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita KhususNing Ita Gencarkan Budaya Literasi di Kota Mojokerto

Ning Ita Gencarkan Budaya Literasi di Kota Mojokerto

NUSADAILY.COM – KOTA MOJOKERTO – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari terus berupaya maksimal melaksanakan pemerataan pembangunan di segala bidang. Termasuk memajukan bidang pendidikan secara merata.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendukung penuh program Budaya literasi. Program tersebut sejak dini terus digalakkan di Kota Mojokerto.

Pemkot Mojokerto turut ambil bagian dalam mendukung program ini agar minat baca generasi muda mampu bangkit sehingga dapat mencetak generasi yang unggul. 

BACA JUGA: Ning Ita Megengan Bareng Habib Husein Ja’far di Rumah Rakyat Kota Mojokerto

Hal ini disampaikan langsung oleh Ning Ita sapaan akrab Walikota Mojokerto, dalam obrolan podcast setelah melakukan peresmian perpustakaan pelajar di SMP Negeri 2 Kota Mojokerto, yang berada di Jalan Ahmad Yani nomor 15, Mergelo, Purwotengah, Kecamatan Magersari, Rabu (30/3/2022). 

Ning Ita mengakui bahwa lembaga pendidikan merupakan salah satu elemen yang mendukung sebuah keberhasilan dalam pemerataan pembangunan di segala bidang.

Disamping itu, pemanfaatan teknologi informasi akan dapat menumbuhkan semangat literasi generasi muda.

“Seiring dengan kemajuan dan semakin canggihnya teknologi informasi, Kita serta generasi milenial harus mengikuti dengan cara menggunakan dengan mempelajari maupun memdalami teknologi informasi itu sendiri,” jelas Ning Ita. 

Apresiasi diberikan kepada Kepala Sekolah dan pelajar SMPN 2 oleh Ning Ita saat berkunjung dan meresmikan sebuah perpustakaan pelajar SMPN 2 Kota Mojokerto.

Sebab, gebrakan untuk kemajuan pendidikan yang dilakukan SMP Negeri 2 Kota Mojokerto yang membuat inovasi melalui website Sipuser dan adanya podcast SMPN 2, dianggap oleh Ning Ita menjadi jawaban atas kebutuhan generasi muda dalam mendapatkan pengetahuan melalui media sosial. 

Kemudahan dengan memakai aplikasi Sipuser, para member perpustakaan SMPN 2 dapat mengakses berbagai koleksi buku fisik maupun e-book yang tersedia.

BACA JUGA: Kebut Proyek Bedah Rumah, Ning Ita Ingin Rumah Warganya Layak Huni

Dengan demikian para siswa maupun member dapat semakin mudah untuk meminjam ataupun membaca buku. 

“Podcast ini rutin dilakukan dengan mengundang tamu-tamu yang tentu harapannya, tamu-tamu yang diundang di dalam ngobrol melalui podcast ini bisa memberikan semangat, motivasi, sekaligus inspirasi bagi anak-anak generasi penerus bangsa Kota Mojokerto agar memiliki cita-cita yang tinggi,” tutur Ning Ita. 

Ning Ita juga berpesan agar generasi muda harus tetap bersemangat dalam mewujudkan cita-citanya. Sebab, mewujudkan cita-cita tidak bisa didapat dengan waktu yang singkat. 

“Cita-cita itu tidak bisa didapatkan dengan waktu yang singkat, dibutuhkann proses panjang dan semangat, serta konsistensi, nggak boleh up down nggak boleh moody. Karena orang sukses itu pasti akan istiqomah atau konsisten berproses mengikuti apapun kondisi yang memang selalu dinamis,” urai Wali Kota perempuan pertama Kota Mojokerto ini. 

Ning Ita meminta, inovasi ini nantinya dapat diintegrasikan dengan aplikasi Komolib yang telah ada di Dinas perpustakaan Dan Kearsipan Kota Mojokerto. Pemkot telah bekerjasama dengan beberapa penerbit nasional dan menyediakan ribuan buku baik fisik maupun e-book. 

“Aplikasi komolib sudah memiliki ribuan koleksi ebook karena sudah bekerjasama dengan beberapa penerbit nasional, nah ini bisa diintegrasikan,” pungkas Ning Ita. 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kota mojokerto Mulib berharap dengan adanya perpustakaan yang nyaman di sekolah para siswa dapat lebih berprestasi.

“Tentu saja prestasi itu dimulai dengan membaca, tanpa membaca sulit untuk berprestasi,” ungkapnya.(din/lna)

BERITA KHUSUS

Kabar Gembira! Internet Gratis Masuk RW, Wali Kota Pasuruan: Ada 68 Titik

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – Warga Kota Pasuruan kini semakin dimanjakan dengan layanan internet gratis. Tidak hanya sebatas pada ruang publik, seperti taman-taman kota,...

BERITA TERBARU

Patuhi Aturan! Lebih dari 700 ETLE Mobile Tersebar di Indonesia, Siap Tilang Pelanggar Lalin

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah mengembangkan sistem Electronic Traffic law Enforcement (ETLE) mobile di Indonesia. Walau belum diterapkan di...