Selasa, Desember 7, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaBerita KhususLakon Dewi Sri Boyong, Asa Bangkit dari Keterpurukan Dampak Pandemi

Lakon Dewi Sri Boyong, Asa Bangkit dari Keterpurukan Dampak Pandemi

- Advertisment -spot_img

Pagelaran Wayang Kulit HUT ke-20 Kota Batu

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

NUSADAILY.COM-KOTA BATU- Pementasan wayang kulit digelar Kota Batu dalam rangkaian peringatan hari jadi Kota Batu. Tepat di tanggal 17 Oktober, kota ini genap berusia 20 tahun. Pertunjukkan tradisi ini digelar di pendopo rumah dinas Wali Kota Batu sebagai rangkaian perayaan HUT Kota Batu pada Minggu malam (17/10). Penyelenggaraannya digelar terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi.

Dalang asal Kota Batu, Ki Puput Eko Saputro yang mementaskan pewayangan berlakon Tumuruning Wahyu Sandhang Pangan (Dewi Sri Boyong). Pementasan ini mengisahkan lambang kemakmuran. Sosok Dewi Sri diyakini membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Hal ini memiliki relevansi dengan kondisi saat ini dampak pandemi.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyampaikan, kisah ini menaruh asa menghadapi gelombang pandemi yang berdampak pada sektor perekonomian. Kota Batu yang berusia 20 tahun ini, Dewanti berharap agar dapat bangkit dari keterpurukan. Semangat itu diwakilkan pada tema yang diusung yakni ‘Bangkit Bersama, Peduli Sesama untuk Kota Batu Berjaya’.

“Tentunya hal tersebut harus dilakukan bersama-sama, bersinergi antar semua elemen. Kita semua berharap akan semakin meningkatnya rasa kepedulian sosial dan rasa solidaritas yang tinggi ditengah-tengah pandemi Covid-19 yang sudah berjalan hampir 2 tahun ini,” harap Dewanti.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, pementasan wayang kulit merupakan salah satu rangkaian agenda wajib setiap peringatan hari jadi Kota Batu yang jatuh pada tanggal 17 Oktober. Hal itu salah satu wujud mengaktualisasikan nilai-nilai tradisi di sektor pariwisata.

“Kegiatan seni tradisi seperti wayang kulit akan kami geliatkan lebih agar menarik kunjungan wisatawan. Makanya agenda ini selalu rutin digelar setiap HUT Kota Batu. Pagelaran ini diharapkan berkualitas sehingga menarik minat wisatawan,” ujar Arief. (wok/adv/wan)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily