Ketua Umum TP PKK Launching Gerakan 26 Juta Masker di Kota Batu

  • Whatsapp
Ketua Umum TP PKK
Ketua Umum TP-PKK, Tri Suswati Tito Karnavian (kiri) bersama Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko dalam prosesi launching gerakan 26 juta masker di Kampung Ekologi Temas Kota Batu
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Ketua Umum TP-PKK, Tri Suswati Tito Karnavian bersama Ketua TP-PKK Jatim, Arumi Bachsin dengan didampingi Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko melaunching gerakan 26 juta masker di Batu. Hadir pula Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso dan Ketua TP-PKK Kota Batu, Wibi Punjul Santoso. Gerakan 26 juta masker Kota Batu dilaunchingdi Kampung Ekologi Temas RW 6, Kelurahan Temas, Kota Batu, Jum’at, 7 Agustus 2020.

BACA JUGA: Gas dan Rem, Jurus Tumbuhkan Ekonomi dan Pangkas Penularan Covid-19 Kota Batu

"
"

Baca Juga

"
"

Kampung Ekologi Temas pernah menyabet penghargaan program kampung iklim (Proklim) kategori Utama Nasional dari Kementerian LHK. Dalam acara sosialisasi dan launching Gerakan Sejuta Masker, Ketua Umum TP-PKK, Tri Suswati Tito Karnavian secara langsung menyapa warga Kampung Ekologi Temas. Masker yang disumbangkan di Kota Batu sebanyak 500 ribu potong masker. Selanjutnya didistribusikan ke 24 desa/ kelurahan yang ada di Kota Batu.

TP-PKK sebagai ujung tombak untuk membagikan masker. Organisasi pemberdayaan wanita ini turut diajak langsung untuk menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tertib menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah.

BACA JUGA: Kota Batu Dapati Angka Kesembuhan COVID-19 Terbesar

“Terpenting PKK bisa tahu bagaimana cara penggunaan masker yang benar, jaga jarak dan cara cuci tangan. Ini dilakukan karena mereka yang akan terjun langsung ke lapangan dan mengedukasi masyarakat,” ujar Tri Suswati.

Ia berkomentar, selama ini PKK cuma pelengkap saja dalam mendukung program OPD. Namun bukan berarti PKK tak mumpuni untuk terlibat dalam urusan vital. Karena pengalaman PKK bergerak dibidang sosial tidak perlu diragukan lagi. Dengan jaringan yang tersebar luas, Tri Suswati optimis PKK bisa melakukan desiminasi pentingnya penggunaan masker selama pandemi.

“Apalagi kalau harus pergerak ke pelosok, kami sangat mampu. Kalau perlu, TP PKK bisa mengikutsertakan komunitas di daerahnya untuk berkontribusi dalam pembagian masker,” seru istri Mendagri Tito Karnavian itu.

Kawal dan Ingatkan Masyarakat

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, ibu-ibu PKK berperan sebagai motor penggerak menyadarkan masyarakat akan pentingnya pemakaian masker.

Ketua Umum TP-PKK Tri Suswati Tito
Ketua Umum TP-PKK, Tri Suswati Tito Karnavian menyerahkan bantuan masker kepada warga saat melaunching Gerakan Satu Juta Masker di Kampung Ekologi Temas Kota Batu

“Mudah-mudahan keterlibatan PKK dari pusat hingga daerah bisa mengawal dan mengingatkan masyarakat. Agar sadar pentingnya masker untuk menekan angka penyebaran COVID-19,” harap Dewanti.

Ia menambahkan, gerakan ini diseleraskan dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk melibatkan PKK menyerukan tertib memakai masker. Karena secara naluri, ibu-ibu memiliki kepekaan dan kelembutan sehingga bisa efektif dalam mengajak pada kebaikan. Hasilnya pun bisa lebih optimal karena ibu-ibu bisa mengingatkan anggota keluarganya mematuhi protokol kesehatan.

“Ingat, Kota Batu masih zona bahaya. Bukan menakut-nakuti. ASN kami pun ada yang kena. Maka patuhi protokol kesehatan. Pasang masker yang benar hingga menutup hidung dan mulut,” seru dia. (wok/adv/top)

Post Terkait

banner 468x60