DPRD Banyuwangi Geber Sosialisasi Perda Pemberdayaan dan Perlindungan Usaha Mikro

  • Whatsapp
Sosialisasi Perda Pemberdayaan dan Perlindungan Usaha Mikro Selasa 13 Oktober 2020. (ozi/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM-BANYUWANGI- DPRD Kabupaten Banyuwangi terus mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Usaha Mikro. Perda ini dalam rangka mewujudkan iklim usaha yang adil, kondusif dan berdaya saing.

Selasa, 13 Oktober 2020, para wakil rakyat menggelar sosialisasi di balai Desa Karangbendo Kecamatan Rogojampi. Sosialisasi dipimpin langsung oleh dua pimpinan Dewan M. Ali Mahrus dan Michael Edy Hariyanto serta dua anggota Bapemperda, Umi Kulsum dan neni Viantin Dyah Martiva.

Baca Juga

Hadir pula Camat Rogojampi,Nanik Machrufi dan perwakilan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan. Kegiatan tersebut diikuti oleh kepala Desa setempat bersama sejumlah tokoh masyarakat sekitar.

Wakil Ketua DPRD Ali Mahrus mengatakan, perda ini merupakan bentuk perhatian dari pemerintah daerah bersama DPRD kepada pelaku UMKM.

“Kita men-support berkembangnya pelaku usaha mikro melalui peraturan daerah nomor 1 tahun 2019, yang didalamnya telah mengatur tentang jaminan-jaminan perlindungan, pelayanan perijinan yang mudah dan sebagainya,” ungkapnya.

Untuk itulah, dibutuhkan sosialisasi yang massif agar masyarakat mengetahui regulasi hukum daerah tersebut, sehingga mereka memahami bahwa sudah ada payung hukum yang mengatur pemberdayaan dan perlindungan usaha mikro di Banyuwangi.

“Perda ini semangatnya memberikan perlindungan serta mensejahterakan pelaku UMKM. Tujuan kita mensosialisasikan perda ini agar mereka mengerti dan memahami esensi yang ada di dalamnya,” kata Wakil Ketua DPRD Ali Mahrus .

“Harapan kami kepada Kepala desa maupun tokoh masyarakat yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini juga menyebarluaskan regulasi daerah ini yang tujuannya untk membangun dan menumbuhkembangkan dunia usaha,” tambah Politisi PKB ini.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Rogojampi, Nanik Machrufi menyampaikan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Banyuwangi yang telah memilih wilayahnya untuk sosialisasi Peraturan Daerah tentang pemberdayaan dan perlindungan usaha mikro.

“Dengan adanya sosialisasi Perda ini harapannya masyarakat bisamengetahui dan mengerti regulasi  daerah yang mengatur tentang pemberdayaan dan perlindungan usaha mikro di Banyuwangi, disisni meraka bisa menanyakan langsung klausul-klausul yang diatur,” tutupnya.(ozi/cak)

Post Terkait

banner 468x60