Debat Pilbup Tak Dihadiri Tiga Panelis, Ini Tanggapan KPU Kabupaten Malang

  • Whatsapp
Anis
Anis Suhartini, Ketua KPUD Kabupaten Malang
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – KPUD Kabupaten Malang melakukan evaluasi setelah debat Pilbup Malang, pekan lalu. Salah satu hal yang disoroti adalah ketidakhadiran tiga panelis. KPU mengundan sembilan panelis dan enam orang datang dalam debat perdana ini. 

“Kami agendakan evaluasi. Apapun hasiljya debat, pasti dievaluasi,” papar Anis Suhartini, Ketua KPUD Kabupaten Malang dilansir Nusadaily.com.

Baca Juga

Dia menjelaskan, total panelis sembilan orang sesuai sub tema berjumlah sembilan. Namun hanya enam panelis datang. Ketidakhadiran panelis disebabkan karena berbenturan dengan kegiatan yang lain. Namun hal ini disebutkan KPUD  bukan menjadi kewajiban mereka datang.

“Sebenarnya tidak menjadi kewajiban seluruh panelis hadir dalam debat publik ini. Untuk panelis hadir, kami mengucapkan  terimakasih,” lanjut ia.

Terkait durasi 120 menit, kata dia, karena itu sudah ada standartnya. Mengingat Paslon Pilbup ada tiga pasang maka disediakan waktu 120 menit.

“Debat pertama disediakan itu (120 menit), selanjutnya dilakukan breakdown. Mereka akan bertemu setiap segmen. Formulasi waktunya sudah seperti itu,” tegas Anis.

Debat pilbup itu, tandasnya, sudah memenuhi protokol kesehatan. Itu sesuai dengan PKPU No 13 tentang pembatasan kehadiran. (aje/wan)

Post Terkait

banner 468x60