Tebing Longsor di Magetan, Robohkan Dapur dan Kandang Warga

  • Whatsapp
Warga bersama BPBD dan TNI bergotong royong membersihkan material longsoran dan dapur warga Di Desa Gonggang Kecamatan Poncol Magetan. Minggu siang (07/03/2021).
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Akibat diterjang hujan lebat hampir seharian pada Sabtu malam, tebing setinggi 4 meter lebar 5 meter di Dusun Kopek Desa Gonggang Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan longsor.

Material longsoran menimpa dapur dan kandang milik Marni, warga setempat. Beruntung dalam peristwa tersebut pemilik berhasil lari sebelum tertimpa bangunan.

Saat ditemui nusadaily.com, Nirmalasari anak pemilik dapur roboh mengatakan, bahwa Sabtu malam hujan turun sangat deras. Itu membuat tebing belakang rumahnya longsor dan merobohkan dapur dan kandang orang tuanya.

BACA JUGA: Nepal Van Java Juga Ada di Magetan, Surga itu Bernama Wonomulyo

”Saat itu saya sedang masak di dapur, tiba tiba ada suara seperti kayu patah, namun setelah saya lihat ternyata atap dapur sudah tertimpa matrial tanah dari longsoran. Kemudian saya dan keluarga yang lain lari sambil meminta pertolongan tetangga. Meski akhirnya dapur saya roboh akibat tidak kuat menahan beban matrial longsoran,” kata Nirmalasari keapada nusadaily.com. Minggu (07/03/2021).

Siang ini warga bersama petugas dari BPBD Magetan dan TNI kerja bakti mengevakuasi matrial bangunan berupa genting dan kayu kayu bangunan. Untuk mempermudah pemberisihan matrial longsoran berupa tanah dan batu.

Dari catatan BPBD Magetan, pasca hujan deras Sabtu malam sedikitnya terdapat dua titik bencana longgar. Selain di Desa Gonggang juga pada Desa Plangkrongan, Kecamatan Poncol.

BACA JUGA: Dipaksa Pegang Kemaluan Tukang Sembako, Bocah 6 Tahun di Tangsel Trauma

Kepala Pelaksana BPBD Magetan, Ari Budi Santosa mengatakan dalam dua peristiwa bencana di atas tidak ada korban jiwa. Hanya kerugian matrial berupa bangunan dapur dan Kandang ternak roboh.

”Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, kerugian akibat bangunan roboh ditaksir sekitar Rp 10 jutaan,”  katanya.

Pihak BPBD Menghimbau kepada masyarakat yang tinggal pada daerah rawan longsor untuk selalu berhati hati karena diprediksi hujan lebat maupun ringan masih akan berlangsung hingga sepekan mendatang. (nto/kal)