Berkunjung ke Kemenaker, Bupati Blitar: Sebelum Berangkat, Pekerja Migran Indonesia Harus Dibekali Pelatihan

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BLITARBupati Blitar, Rini Syarifah berkunjung ke Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI, Jumat 4 Juni 2021. Dalam kesempatan itu, Bupati Rini menyampaikan kondisi Pekerja Migran Indonesia asal Kabupaten Blitar.

Bacaan Lainnya

Bupati Rini menjelaskan, Kabupaten Blitar merupakan daerah yang menjadi kantong Pekerja Migran Indonesia. Perhatian dari pemerintah daerah terhadap para Pekerja Migran Indonesia harus dilakukan, dimulai dari sebelum berangkat.

“Kita harus memberikan perhatian terhadap Pekerja Migran Indonesia, mulai dari mereka saat belum berangkat. Saya ingin sebelum mereka berangkat, harus dibekali dengan pelatihan yang mampu meningkatkan lompetensi mereka,” ujarnya kepada Nusadaily.com melalui pesan singkat.

Lebih lanjut Bupati Rini menuturkan, dengan diberikannya pembekalan berupa pelatihan, mereka bisa bekerja dengan bidang keahlian mereka. Sehingga nantinya bisa lebih berkembang.

“Nah, nantinya saat mereka pulang bisa mengembangkannya kembali di desa mereka berasal. Sehingga diharapkan ekonominya bisa terus stabil,” harapnya.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, bersyukur Kabupaten Blitar mempunyai pimpinan daerah yang perhatian terhadap Pekerja Migran Indonesia. Pihaknya juga mengajak bersama-sama memberikan perhatian kepada mereka.

“InsyaAllah kita akan dukung program-program pengembangan pelatihan untuk Calon Pekerja Migran Indonesia. Saya juga mengapresiasi Ibu Bupati karena sudah “Care” dengan PMI yang pulang. Bahkan juga telah memberikan pelayanan terbaiknya,” imbuhnya.(tan/aka)