Rocky Koupong Juara Favorit Lomba Program Ramai Skali Bank NTT

  • Whatsapp
Para pemenang lomba dalam program Ramai Skali Bank NTT.
banner 468x60

KUPANG – Rocky Koupong keluar sebagai juara favorit dalam lomba program Ramai Skali Bank NTT tahun 2020. Rocky kepada media ini Kamis (29/10) mengatakan untuk kesekian kalinya meraih juara dalam lomba. “Puji Tuhan sudah beberapa kali juara dan membanggakan,” katanya.

Dikatakannya dalam lomba program Ramai Skali Bank NTT tahun 2020 berhasil meraih juara favorit . “Syukur atas prestasi kali ini yang saya raih sebagai juara favorit,” katanya.

Ditambahkan lomba yang diselenggarakan Bank NTT Bank milik pemerintah provinsi NTT dengan mengusung tema Lomba video Edukatif Bank NTT. Event ini melibatkan pelajar SMP/SMA/madrasah/mahasiswa dan masyarakat umum di seluruh Kabupaten/Kota di NTT.

Data yang diperoleh media ini, sejumlah peserta dan lombanya terdiri dari lomba karya tulis ilmiah dan lomba video edukatif.

Pada Rabu, (28/10) malam di kantor pusat Bank NTT para juara menerima hadiah masing-masing.

Inilah Nama- Nama Pemenangnya

Berikut nama-nama pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMP : Juara 1, Yoseph Copertino Tupen Wahon
(Hadiah Rp 10.000.000), Juara 2, Mario Alesandro Fanda (Hadiah Rp 7.500.000), dan Juara 3, Viona Viktoria Nombala (Hadiah Rp 5.000.000).

Sementara pemenang lomba karya tulis ilmiah Tingkat SMA yaitu: Juara 1 Stevie Cecylia Nombala (Hadiah Rp 12.500.000), Juara 2 Faeri Mori Dadi Nale (Hadiah Rp 10.000.000), dan Juara 3 Brigita Bulu Mone (Hadiah Rp 7.500.000).

Untuk pemenang lomba karya tulis ilmiah tingkat perguruan tinggi yakni: Juara 1 Yohanes Ronaldo Deo Rato (Hadiah Rp 15.000.000), Juara 2 Yulius Ninu Badin (Hadiah Rp 12.500.000), dan Juara 3 Emris Yeverson Kaja Jade (Hadiah Rp 7.500.000).

Selanjutnya pemenang lomba Video Edukatif yaitu; Juara 1Anugerah U.J Waang (Hadiah Rp 15.000.000), Juara 2 Crispianus M.K Sebleku (Hadiah Rp 10.000.000), Juara 3 Grace Ndaomanu (Hadiah Rp 7.500.000), dan Juara Favorit Roky Daniel Kopung (Hadiah Rp 5.000.000).

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari apresiasi Bank NTT kepada generasi muda NTT dalam bidang pendidikan dan literasi keuangan.

Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho dalam sambutannya pada saat acara penyerahan hadiah mengatakan, tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan lomba Program Ramai Skali Bank NTT tahun 2020 sangat berat karena pandemi covid-19.

Gambarkan Spirit yang Luar Biasa

Lebih lanjut Alex Riwu Kaho menuturkan dinamika yang tejadi dalam penyelenggaraan lomba itu menggambarkan sebuah spirit yang luar biasa dari panitia dan pelajar di NTT untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Dinamika dalam lomba ini menunjukkan satu spirit yang luar biasa di tengah pandemi Covid-19. Ini menunjukan momentum kebangkitan pemuda melawan Covid-19 dalam membangun literasi di NTT,” tuturnya.

Ditambahkan Alex berharap karya tulis yang dihasilkan para pemenang lomba Program Ramai Skali Bank NTT bisa memberikan kontribusi perbaikan pelayanan Bank NTT kepada nasabah.

Di samping itu, bertepatan dengan bulan inklusi keuangan. Alex mengajak para orang tua untuk bertransaksi apapun menggunakan aplikasi mobile banking Bank NTT.

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh dewan juri, panitia, guru dan orang tua murid yang sudah terlibat dalam lomba Program Ramai Skali Bank NTT.

“Proficiat kepada para pemenang. Kiranya karya-karya besar ini bisa menjadi motivasi bagi generasi muda di NTT untuk memanfaatkan telanta-talenta yang dimiliki demi mencapai masa depan lebih baik,” tandas Dirut Bank NTT, Alex Riwu Kaho.

Animo Peserta Sangat Tinggi

Sedangkan Ketua Dewan Juri Lomba Program Ramai Skali Bank NTT, P. Gregor Neonbasu, SVD kata Rocky mengatakan walaupun dunia sedang dilanda wabah Covid-19 namun animo peserta program tinggi sekali ini tetap ada.

Roky Daniel Kopung juara favorit lomba Vidio mengaku bangga dengan prestasi yang diraih. “Pokoknya bangga dengan hasil kali ini,” katanya.

Dia mengatakan prestasi yang diraih semua itu atas berkat dari Tuhan Yesus sehingga tetap terapkan rendah hati dengan orang lain.” Saya bangga tetapi tetap rendah hati dengan orang lain karena semua yang saya peroleh atas berkat Tuhan dan dukungan kedua orang tua,” kata pria yang ingin jadi pembisnis.

Dituturkan ketua panitia kata Rocky, jika ada 13 peserta karya tulis ilmiah dan lomba video edukatif yang dipilih sebagai juara beliau bilang penilaian tim juri untuk para juara tidak direkayasa tapi murni dan benar-benar sesuai hasil karya.

“Melalui program Ramai Skali ini, Secara antropologis BANK NTT tidak hanya jalan dari mata ke mata tetapi dari hati ke hati. Lomba tulis dan video edukatif ini yang maju dalam paparan hingga dipilih sebagai juara itu ada 13 orang,” tutur Rocky.

Diharapkan Bisa Adakan untuk Umum

Lanjut Rocky dalam kesempatan itu berharap, juga agar membuka untuk kalangan pelajar SMP, SMA, dan perguruan tinggi. “Bank NTT bisa membuka lomba yang sama seperti itu untuk masyarakat umum dan para dosen. Dengan syarat hasil karya mereka memuat garis-garis besar haluan Bank NTT lima tahun ke depan,” kata Rocky.

Selain itu juga ia mengimbau tambah Rocky untuk peserta yang gagal jangan patah semangat tetapi harus jadikan itu sebagai pengalaman untuk mengikuti lomba di masa yang akan datang.

Ia mengucapkan terimakasih kepada para guru maupun orang tua yang mendampingi peserta itu sehingga bisa mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya atas nama teman-teman juri mengucapkan profisiat kepada para peserta yang juara dan kami juga menghargai pendamping dan para guru yang membantu anak-anak sampai memaparkan hasil karyanya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, melalui program tersebut Bank NTT telah membuktikan diri sebagai institusi perbankan yang ikut berkontribusi dalam memberikan pendidikan karakter dan literasi bagi generasi muda di NTT.

Pemenang Mengaku Bangga

Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMP, Yoseph Copertino Tupen Wahon ketika diwawancarai media mengaku tertarik mengikuti lomba tersebut ketika mendapat informasi bahwa akan diadakan lomba karya tulis ilmiah oleh Bank NTT.

Setelah menulis karya ilmiah, lanjut dia, ia mendaftarkan dirinya di panitia. Kemudian ia dipanggil untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya sebelum diputuskan sebagai pemenang.

“Iya dari awal saya dapat informasi ini saya sudah tertarik untuk ikut. Saya datang daftar, kemudian beberapa hari kemudian saya dipanggil untuk mempresentasikan hasil tulisan saya. Saya sangat senang bisa terpilih sebagai juara satu,” ujarnya.

Sekadar tahu, Lomba karya tulis ilmiah ini mengusung tema: Transformasi dan pertumbuhan ekonomi daerah menuju teknologi digital di wilayah NTT. Sementara tema lomba video edukatif adalah: Promosi dan Edukasi Produk/Program Simpanan dan Layanan bank NTT berbasis Digital.(roy/aka)