Kamis, Januari 27, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsRegionalSatpol PP Surabaya Tertibkan Puluhan Bangunan Liar di Atas Saluran Air

Satpol PP Surabaya Tertibkan Puluhan Bangunan Liar di Atas Saluran Air

NUSADAILY.COM – SURABAYA – Puluhan bangunan liar yang berdiri di atas saluran air di Jalan Jetis Kulon, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu, ditertibkan petugas Satpol PP setempat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Bobby Ancam Pemilik Bangunan Ilegal yang Bandel di Kesawan Medan – Nusadaily.com

Camat Wonokromo Kota Surabaya Tomi Ardiyanto mengatakan selama ini bangunan liar itu menyebabkan aliran air tidak bisa lancar sehingga saat hujan deras sering terjadi genangan. Setidaknya ada 40 bangunan liar yang ditertibkan di Jalan Jetis Kulon.

“Itu di sepanjang Jalan Jetis kulon karena jalan itu adalah titik terendah. Memang itu menjadi tempat genangan air kalau hujan,” katanya.

Menurut dia, penertiban bangunan liar di atas saluran ini didukung oleh perangkat RT/RW, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) setempat hingga warga sekitar.

BACA JUGA : Khofifah: Pemkab Sidoarjo Wajib Tertibkan Bangunan Liar Bantaran Sungai – Noktahmerah.com

Ia menjelaskan sebelum dilakukan penertiban, pada Senin (8/3), pihaknya melakukan sosialisasi kepada warga sekitar, terutama mereka yang mendirikan bangunan di atas saluran. Hasilnya, warga bersama tokoh masyarakat setempat sepakat dilakukan penertiban bangunan.

“Ketika di lapangan banyak sekali masukan-masukan dari warga. Salah satunya pohon-pohon terlalu besar makanya perlu dilakukan perantingan,” ujarnya.

Tomi mengatakan hasil koordinasi bersama Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya menemukan bahwa poin permasalahan genangan di lokasi tersebut memang karena adanya karakter saluran yang belum terkoneksi. Hal itu, lantaran banyaknya saluran yang tertutup oleh bangunan di atasnya.

BACA JUGA : PT KAI Daop 1 Jakarta Tertibkan Aktivitas Warga Kawasan Pasar Gaplok – Beritaloka.com

“Ada juga yang (saluran, red.) terbuka. Tapi banyak saluran yang kemudian dibuat untuk berjualan, parkir mobil, dapur hingga warkop (warung kopi), rata-rata seperti itu,” katanya.

DPUBMP Melakukan Pengerukan Sedimen Saluran

Pemkot melalui Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya juga melakukan perantingan pohon, sedangkan untuk mencegah kembali terjadinya genangan, DPUBMP juga melakukan pengerukan sedimen saluran.

Ketua LPMK Wonokromo, Moch Unsi Fauzi, menyampaikan sebelum dilakukan penertiban pihaknya bersama perwakilan kecamatan dan lurah melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada warga.

Melalui pendekatan secara humanis dan persuasif, warga menyatakan sepakat untuk ditertibkan.

“Masyarakat menyambut baik penertiban ini. Ini dibuktikan dengan sukarelanya mereka membongkar sendiri lapak dan bangunannya yang menjorok ke jalan dan menutupi saluran,” kata dia.

Bahkan, kata dia, saat pelaksanaan di lapangan banyak warga yang mendukung. Apalagi penertiban ini dilakukan sekaligus untuk menata wilayah agar kelihatan bersih dan indah.

“Tidak ada kendala sama sekali, karena prinsipnya giat penertiban ini bermanfaat bagi masyarakat dan sangat ditunggu,” katanya.(ros)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed