Selasa, September 21, 2021
BerandaNewsRegionalRumah Sakit Rujukan Kota Malang Kekurangan Ventilator Kian Bertambah

Rumah Sakit Rujukan Kota Malang Kekurangan Ventilator Kian Bertambah

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Rumah Sakit (RS) rujukan covid-19 di Kota Malang yang membutuhkan ventilator bertambah. Sebelumnya ada tiga RS rujukan, kali ini bertambah satu RS yang membutuhkan pinjaman alat ventilator (bantuan pernapasan) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). 

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Malang, dr Husnul Muarif mengungkapkan, sebelumnya ada tiga RS rujukan di Kota Malang yang sudah mengirim surat peminjaman ke Pemprov Jatim, yakni RSI Aisyiyah, RSI Unisma dan RST Soepraoen. Kemudian, satu RS rujukan, yakni RS Lavallette juga mengajukan pinjaman satu alat ventilator.

“Jadi yang mengajukan, RS Lavallete pinjam 1 unit alat ventilator, RSI Unisma 2 unit, RSI Aisyiah 2 unit dan RST Soepraoen 2 unit,” terang dia dilansir Nusadaily.com.

Jika ditotal dari keempat RS rujukan di Kota Malang tersebut total ventilator yang dibutuhkan sebanyak tujuh unit. Namun, hingga saat ini surat peminjaman yang sudah diserahkan ke Pemprov Jatim belum mendapatkan persetujuan. 

“Sudah kami cek lagi ke Pemprov, kabarnya masih diproses. Kami disuruh untuk menunggu,” ujar dia.

Dia menguraikan, ada beberapa pertimbangan RS bisa mendapat pinjaman alat ventilator. Salah satu poin penting, yakni tersedianya Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa mengoperasikan alat tersebut. Para petugas yang bisa mengoperasikan alat tersebut harus sudah tersertifikasi dan proses sertifikasi dilakukan oleh Pemprov Jatim. 

“Pelatihannya ada di Surabaya dan berada di bawah Pemprov Jatim,” tandas dia.

Sementara itu, untuk tiga RS rujukan lainnya di Kota Malang yaitu RS Saiful Anwar, RS Hermina dan RS Panti Waluyo Sawahan masih belum membutuhkan alat ventilator tambahan. 

- Advertisement -

“Di rumah sakit lain masih belum (membutuhkan ventilator tambahan). Masih memadai,” kata dia.

Untuk diketahui, ada tiga jenis ruang isolasi di RS rujukan sebagai tempat merawat pasien Covid-19. Diantaranya, ruang isolasi bertekanan negatif dengan ventilator, ruang isolasi bertekanan negatif tanpa ventilator dan ruang isolasi biasa.(nda/wan)

Website | + posts
AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Genjot Pelatihan Inkubasi, Pemkot Mojokerto Targetkan Bentuk Ribuan Wirausahawan Baru

NUSADAILY.COM - MOJOKERTO - Pemerintah Kota Mojokerto menargetkan ribuan pengusaha baru bakal terlahir di tengah pandemi COVID-19. Hal itu ditegaskan Wali Kota Mojokerto, Ika...